UPAYA PELESTARIAN NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL DALAM BUDAYA PENCAK SILAT MELALUI O2SN

Sinulingga, Gunawan (2018) UPAYA PELESTARIAN NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL DALAM BUDAYA PENCAK SILAT MELALUI O2SN. In: SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN OLAHRAGA, 08 SEPTEMBER 2018, GEDUNG DIGITAL LIBRARY LANTAI IV UNIVERSITAS NEGERI MEDAN.

[thumbnail of Gunawan Sinulingga.pdf]
Preview
Text
Gunawan Sinulingga.pdf - Published Version

Download (981kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah : Bagaimana upaya pelestarian nilai-nilai kearifan lokal dalam budaya pencak silat? Adapun tujuan penelitian adalah untuk melestarikan nilai-nilai budaya pencak silat terhadap pelajar sehingga mempunyai karakter yang baik sesuai dengan nilai-nilai budaya pencak silat. Dalam hal ini pelaksanaan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) mempertandingkan olahraga pencak silat yang setiap tahunnya dan merupak suatu alat yang dapat dipergunakan dalam melestarikan Nilai-nilai kaerifan lokal dalam budaya pencak silat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mencari data di lapangan tentang pelestarian nilai-nilai kearifan loKal dalam budaya pencak silat, Penelitian ini menggunakan metode pengamatan (observation) dan wawancara yang mendalam (in-depth interview). Hasil penelitian dengan pelaksanaan O2SN setiap tahunnya maka upaya pelestarian nilai-nilai keraiifan lokal dalam budaya pencak silat dapat tercapai terhadap siswa/i.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Pencak Silat, Kearifan Lokal, O2SN
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV1100 Fighting sports: Bullfighting, boxing, fencing, etc.
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 29 Jul 2019 07:16
Last Modified: 20 Sep 2019 07:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35610

Actions (login required)

View Item
View Item