Sudirman and Paramita, Yeni (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP MINAT BELAJAR ANAK KELOMPOK B DI TK AISIYAH BLANGKEJEREN. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Paedagogi, 7 (14). pp. 159-169. ISSN 2085-9880
PeerReview.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
Jurnal.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini (1) Minat bela jar anak masih rendah dalam proses belajar mengajar. (2) Metode yang digunakan guru dalam proses belajar mengajar belum bervariasi (3)Kurangnya penggunaan media gambar saat proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media gambar terhadap minat belajar anak di TK Aisyiyah Blangkejeren. Teori yang digunakan menurut Sudjana, dkk (20 11: 262) media gambar adalah media yang mengombinasikan fakta dan gagasan secara jelas dan kuat melalui kombinasi pengungkapan kata-kata dan gambar-gambar. Menurut Walgito (2010) yang menyatakan bahwa "minat sesuatu keadaan dimana
seseorang mempunyai perhatian terbadap suatu objek dan disertai dengan keinginan untuk mengetahui dan mempelajari dan akhimya membuktikan lebih lanjut tentang objek tertentu". Jenis penelitian ini eksperimen Sampel dalam
penelitian B l 20 orang sebagai kelas eksperimen dan B2 20 orang sebagai kelas kontrol. Alat pengumpul data menggunakan lembar observasi. Sebelum pengujian hipotesis (uji-t) terlebih dahulu diuji normalitas menggunakan Liliefors, dan homogenitas menggunakan uji F.Dari analisa data observasi akhir minat belajar anak dengan menggunakan uji-t pada taraf nyata a= 0,05 berturut-turut diperoleh
t hitung ≥ ttabel 29,09 ≥ 1,69 dengan dk = (n1 + n2 - 2) dan tabel diperoleh dari hasil interpolasi. Maka dapat dinyatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hal
tersebut maka dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan media gambar terhadap minat belajar anak di TK Aisyiyah Blangkejeren.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | media gambar, minat belajar, anak |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC3950 Exceptional children and youth. Special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 18 Jul 2019 08:34 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 05:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35590 |