IMPLEMENTASI VIDEO PEMBELAJARAN KULTUR JARINGAN TANAMAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TAPANULI SELATAN

Batubara, Melvariani Syari and Sormin, Ayunda Sabrina (2018) IMPLEMENTASI VIDEO PEMBELAJARAN KULTUR JARINGAN TANAMAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TAPANULI SELATAN. In: Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya, 12 Oktober 2018, Universitas Negeri Medan.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi video pembelajaran terhadap kemampuan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah kultur jaringan tanaman. Metode yang akan dipakai dalam penelitian ini adalah termasuk dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk
mengetahui hasil belajar kultur jaringan tanaman mahasiswa. Proses penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus yang masing-masing terdiri dari empat tahapan: (1) perencanaan (Planning), (2) Pelaksanaan (Action), (3) Observasi (Observation), (4) Refleksi (Reflection). Langkah-langkah
kegiatan yang dilaksanakan adalah : (1) Research and Information colletion (penelitian dan pengumpulan data), meliputi pengumpulan data awal berupa nilai hasil belajar mahasiswa, analisis observasi dan wawancara kepada mahasiswa dan dosen pengampu, (2) Planning (perencanaan),
meliputi membuat rancangan pembelajaran yaitu pembelajaran berbasis masalah berdasarkan stimulasi dengan sintak, (3) Develop Preliminary form of Product (pengembangan draft produk awal), meliputi membuat produk awal berupa soal essay untuk tes hasil belajar mahasiswa berdasarkan data perencanaan, (4) Preliminary Field Testing (uji coba lapangan awal), meliputi uji ahli materi kultur jaringan tanaman, uji ahli pembelajaran berbasis masalah (PBL), dan oleh teman sejawat, (5) Main Product Revision (revisi hasil uji coba), meliputi melakukan revisi berdasarkan kritik dan saran yang diberikan oleh ahli materi kultur jaringan tanaman, ahli pembelajaran berbasis masalah (PBL), dan oleh teman sejawat, (6) Main Field Testing (uji lapangan produk
utama), meliputi uji terbatas mahasiswa, (7) Operational Product Revision (revisi produk),meliputi melakukan revisi berdasarkan kritik dan saran yang diberikan oleh mahasiswa yang mengikuti uji coba perorangan, (8) Disemination and Implementasi (Desiminasi dan implementasi), meliputi penyebarluasan soal essay mata kuliah kultur jaringan tanaman berbasis masalah untuk mengetahui hasil belajar mahasiswa yang mengikuti mata kuliah kultur jaringan
tanaman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tes hasil belajar kultur jaringan tanaman mahasiswa pada siklus II meningkat dari hasil tes belajar siswa siklus I dengan peningkatan sebesar 37%. Dari tes hasil belajar mahasiswa pada siklus I hanya terdapat 15 mahasiswa (55%) yang tuntas dan pada siklus II terdapat 25 mahasiswa (92%) yang tuntas. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar kultur jaringan tanaman mahasiswa telah mencapai indikator yang diharapkan
yaitu 80% dari seluruh mahasiswa yang mengikuti tes yaitu 27 orang mahasiswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Hasil Belajar Mahasiswa, Video Pembelajaran, Kultur Jaringan Tanaman, Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 11 Jul 2019 04:03
Last Modified: 11 Jul 2019 04:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35552

Actions (login required)

View Item
View Item