ANALYSIS OF SENIOR HIGH SCHOOL BIOLOGY TEXTBOOKS FOR CLASS XIN BINJAI BASED ON THE SCOPE OF SCIENTIFIC LITERACY

Nasution, Mahpuzah and Sipahutar, Herbert and Harahap, Fauziyah (2018) ANALYSIS OF SENIOR HIGH SCHOOL BIOLOGY TEXTBOOKS FOR CLASS XIN BINJAI BASED ON THE SCOPE OF SCIENTIFIC LITERACY. In: Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya, 12 Oktober 2018, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (700kB) | Preview

Abstract

Untuk mengetahui kemampuan literasi sains siswa Indonesia, dapat dilihat dari hasil pengukuran literasi sains oleh PISA. Data terakhir dari hasil tes dan evaluasi PISA 2015 performa siswa-siswi Indonesia masih tergolong rendah.Salah satufaktorpenyebabnya adalah buku ajar yang digunakan
di sekolah. Pada penelitian ini peneliti menentukan buku ajar sebagai objek penelitian untuk dianalisis dengan tujuan untuk memperoleh informasi mengenai ruang lingkup literasi sains pada buku Biologi SMA kelas X di kota Binjai ditinjau dari aspek Konteks, Pengetahuan, Kompetensi
Saintifik dan Sikap (Prilaku Ilmiah). sampel yang diteliti yaitu salahsatu buku Biologi kelas X yang paling banyak digunakan di SMA se-Kota Binjai.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang mendeskripsikan ruang lingkup literasi sains buku ajar biologi SMA untuk Kelas X
di kota Binjai.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku yang dianalisis sudah memiliki muatan
literasi sains, dan buku-buku yang telah dianalisis tersebut lebih banyak memuat literasi sains pada
aspek pengetahuan dari pada aspek konteks, kompetensi dan sikap. Untuk aspek pengetahuan pada buku yang dianalisis, paling mendominasi adalah pengetahuan konten. Lalu pada aspek kompetensi saintifik didominasi oleh kategori menjelaskan fenomena ilmiah, kemudian pada aspek
sikap didominasi oleh kategori ketertarikan terhadap sains dan untuk aspek konteks didominasi oleh kategori Batas Sains Teknologi (BST).

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Buku Ajar, Literasi Sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Jul 2019 04:41
Last Modified: 09 Jul 2019 04:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35548

Actions (login required)

View Item
View Item