PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DAN LEARNING CYCLE TERHADAP SIKAP ILMIAH SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK SISWA KELAS VII MTs NURUL HUDA MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Saragih, Irma Handayani and Harahap, Fauziyah and Gultom, Tumiur (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DAN LEARNING CYCLE TERHADAP SIKAP ILMIAH SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK SISWA KELAS VII MTs NURUL HUDA MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. In: Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya, 12 Oktober 2018, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (933kB) | Preview
[thumbnail of Peer Reviewer.pdf]
Preview
Text
Peer Reviewer.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : pengaruh model pembelajaran group investigation (GI), learning cycle (LC) dan konvensional terhadap sikap ilmiah siswa pada materi pencemaran lingkungan untuk siswa kelas VII MTs Nurul Huda Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah pretest dan postest dalam bentuk angket yang terdiri dari 25 soal dan instrumen observasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik Anacova untuk hasil angket dan Anava untuk hasil observasi pada level signifikansi alpha = 0.05 kemudian dilanjutkan dengan uji Tukey. Dari hasil penelitian diperoleh hasil bahwa ada pengaruh model pembelajaran terhadap sikap ilmiah siswa. Sikap ilmiah siswa juga meningkat setelah dibelajarkan
dengan model group investigation dan learning cycle . Model group investigation memberikan pengaruh sebesar 2,35 % lebih tinggi dari model learning cycle dan 16,65 % lebih tinggi dari pembelajaran konvensional. Model pembelajaran learning cycle memberikan pengaruh sebesar 12,7 % lebih tinggi dari pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran group investigation masih lebih unggul dari model pembelajaran
learning cycle dan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Group Investigation, Learning Cycle, Sikap Ilmiah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Jul 2019 03:57
Last Modified: 22 Feb 2021 07:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35544

Actions (login required)

View Item
View Item