Panggabean, Damayani (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN POWER POINT TERHADAP PEMECAHAN MASALAH DAN KEAKTIFAN SISWA DI KELAS XI IPA MATERI PERBEDAAN SEL. In: Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya, 12 Oktober 2018, Universitas Negeri Medan.
Article.pdf - Published Version
Download (569kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dengan powerpoint pada sub materi perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan terhadap pemecahan masalah dan keaktifan pada siswa kelas XI IPA SMA N 5 Medan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Medan T.A 2018/2019, yaitu sebanyak 372 siswa yang terdiri dari kelas 10 kelas. Sampel diambil secara acak (random sampling) sebanyak 2 kelas yaitu kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol menggunakan model konvensional dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran berbasis masalah, masing-masing berjumlah 36 orang siswa. Sehingga jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 72 siswa.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi
Experimental). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan siswa pada kelas eksperimen yang diajarkan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah adalah 82% dengan kategori aktif sedangkan keaktifan siswa pada kelas kontrol adalah 48% dengan kategori cukup aktif. Pada hasil
penelitian juga didapat bahwa kelas yang diajarkan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah meningkatkan daya pemikiran kritis siswa dengan menyelesaikan masalah, hal ini dibuktikan dengan persen yang diperoleh siswa adalah 85% dengan kategori sangat baik.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | PBL, Keaktifan, Pemecahan, Masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 05 Jul 2019 04:25 |
Last Modified: | 05 Jul 2019 04:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35532 |