Hasyim (2018) PERLINDUNGAN HUKUM MEREK DAGANG DAN SANKSI PELANGGARAN PENGGUNAAN MEREK. Jurnal Niagawan, 7 (2). pp. 52-58. ISSN 2301-7775
Peer Review.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
Abstract
Beberapa permasalahan yang diangkat dalam penulisan jurnal ini adalah perlindungan hukum pemegang hak merek dan sanksi pelanggaran pengunaan merek menurut Undang-Undang Nomor 15
Tahun 2001 tentang Merek sebagai bentuk perlindungan terhadap merek-merek terdaftar. Adanya perlindungan hukum bagi pemilik merek yang sah dimaksudkan untuk memberikan hak yang sifatnya
eksklusif (khusus) bagi pemilik merek (exclusive right) agar pihak lain tidak dapat menggunakan tanda yang sama atau mirip dengan yang dimilikinya baik untuk barang atau jasa yang sama atau hampir sama.
Merek yang kuat ditandai dengan dikenalnya suatu merek dalam masyarakat, asosiasi merek yang tinggi pada suatu produk, persepsi positif dari pasar dan kesetiaan konsumen terhadap merek yang tinggi. Dan merek juga sangat memungkinkan konsumen untuk mengatur dengan lebih baik pengalaman tempat belanja mereka membantu mereka mencari dan menemukan keterangan produk. Adapun fungsi merek adalah untuk membedakan kepentingan perusahaan, penawaran dari semuanya. Telah diaturnya syaratsyarat yang harus dipenuhi oleh si pemohon dalam mengajukan permohonan pendaftaran merek tidak menghilangkan sama sekali terjadinya pelanggaran merek oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Merk Dagang, Sanksi Pelanggaran, Hukum |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB238 Competition. Production. Wealth K Law > K Law (General) > K520 Comparative law. International uniform law > K5000 Criminal law and procedure |
Divisions: | Fakultas Ekonomi |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 01 Jul 2019 05:59 |
Last Modified: | 01 Jul 2019 05:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35489 |