Dalimunthe, Zulkifli (2012) HUBUNGAN PEMAHAMAN TUGAS DAN KOMPETENSI KOMUNIKASI DENGAN KEEFEKTIFAN PELAKSANAAN SUPERVISI PENGAJARAN DI SD/MI KECAMATAN MEDAN SUNGGAL. Masters thesis, UNIMED.
PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
081188130035 Abstrak.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
081188130035 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
081188130035 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
081188130035 Bab I.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
081188130035 Bab V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
081188130035 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
Abstract
Supervisi pengajaran merupakan aktivitas penting yang dilakukan kepala sekolah dalam rangka meningkatkan kwalitas pembelajaran. Namun demikian sebagian kepala sekolah belum terampil melakukan supervisi pengajaran. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan (1) pemahaman tugas dan keefektivan pelaksanaan supervisi pengajaran, (2) kompetensi komunikasi dengan keefektivan pelaksanaan supervisi pengajaran, (3) pemahaman terhadap tugas dan kompetensi komunikasi secara bersama– sama terhadap keefektivan pelaksanaan supervisi pengajar. Keefektivan pelaksanaan supervisi pengajaran adalah proses kegiatan bimbingan dan bantuan kepada guru baik secara individual maupun secara kelompok dalam usaha memperbaiki pengajaran. Penelitian ini dilaksanakan pada kepala sekolah SD Kecamatan Medan berjumlah 30 orang, teknik sampling yang digunakan sampling total. Instrumen disusun dalam bentuk angket tertutup dengan 5 kemungkinan jawaban yaitu selalu, sering, kadang-kadang, jarang, jarang sekali. Angket telah diujicobakan memenuhi validitas dan realibitas sebagai syarat alat ukur yang baik. Data juga diperiksa nomalitas, homogenitas, dan linieritas terpenuhi sehingga proses pengolahan data menggunakan humus regressi dapat dilanjutkanHasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman tugas berpengaruh positif terhadap keefektivan pelaksanaan supervisi pengajaran. Kompentensi komunikasi tidak berpengaruh terhadap keefektivan pelaksanaan supervisi pengajaran. Pemahaman tugas dan kompetensi komunikasi secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap efektivitas supervisi pengajaran 6,522 signifikan. Besar sumbangan variabel pemahaman tugas terhadap variabel keefektivan supervisi pengajaran 18,1%. Besar sumbangan variabel kompetensi komunikasi terhadap variabel keefektivan supervisi pengajaran 2,8%. Selanjutnya 27,6% variasi variabel keefektivan supervisi pengajaran dapat dijelaskan oleh variasi variabel pemahaman tugas dan kompetensi komunikasi, sedangkan sisanya 72,4% dijelaskan oleh faktor-faktor lain. Mod-el persamaan regressinya sebagai berikut: Y = 44,625 + 0,228X1 + 0,332X2 + e. Disarankan kepala sekolah secara terus menerus belajar secara mandiri dan mengikuti seminar, pelatihan, workshop, dan pertemuan ilmiah lain terutama berhubungan dengan tugas kekepalasekolahan untuk tetap meningkatkan pemahamannya terhadap tugas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.202 Dal h |
Keywords: | Supervisi; Pengajaran; Kompetensi komunikasi; Guru; Kepala sekolah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 18 Jul 2018 03:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3529 |