SIBURIAN, MINCEKELARA (2018) UPAYA MENINGKATKAN BELAJAR SISWA KELAS I SDN 030305 SAMBALIANG DALAM MENGOPERASIKAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN BANTUAN BENDA KONGKRIT. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM.114511214014_COVER.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
2.NIM.114511214014_LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
3.NIM.114511214014_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
4.NIM.114511214014_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
5.NIM.114511214014_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
6.nim.114511214014_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
7.nim.114511214014_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
8.nim.114511214014_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
9.nim.114511214014_BAB I.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
13.NIM.114511214014_BAB V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
14.NIM.114511214014_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan Belajar Siswa Kelas I SDN 030305 Sambaliang dalam Mengoperasionalkan penjumlahan dan pengurangan dengan bantuan benda kongkrit. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian dengan menyajikan pokok bahasan operasi hitung dengan bantuan benda-benda kongkrit dan menyelesaikan penjumlahan dan pengurangan soal cerita dengan bantuan benda-benda kongkrit, selanjutnya memberikan tes hasil belajar, serta mengamati proses belajar mengajar yang dilakukan guru. Penelitian ini dilaksanakan di kelas I SDN 030305 Sambaliang pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018. Subjek penelitian berjumlah 19 siswa, dengan perincian 8 Siswa Laki-laki dan 11 Siswa Perempuan. Jenis Penelitian yang
dilakukan adalah jenis penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu Perencanaan, Tindakan, Pengamatan, Refleksi/ evaluasi.
Instrument penelitian menggunakan lembar pengamatan pelaksanaan pembelajaran dan lembar tes. Dari hasil pre tes peneliti lakukan, diperoleh hanya 5 orang siswa atau 26,31% dari 19 orang siswa yang tuntas belajar dan 14 orang siswa yang tuntas belajar dan 14 orang siswa atau 73,68% belum tuntas belajar. Nilai rata-rata kelas hanya 54,73. Kemudian dilaksanakan tindakan pada siklus I
dan terjadi peningkatan tingkat ketuntasan belajar siswa menjadi 10 orang siswa dari 19 orang siswa (meningkat 5 orang siswa) atau 52,63% (meningkat sebesar 26,32%) dan 9 orang siswa atau 47,36% belum tuntas belajar. Nilai rata-rata kelas menjadi 62,10 (meningkat 7,37%) yang berarti secara keseluruhan siswa belum mencapai standar minimal ketuntasan belajar siswa pada penelitian ini. Kemudian
dilaksanakan tindakan pada siklus II, diperoleh peningkatan tindakan ketuntasan belajar siswa menjadi 17 orang siswa dari 19 orang siswa (meningkat 7 orang siswa) atau sebesar 89,47% (meningkat 27,37%) dan 2 orang siswa atau 10,52% belum tuntas belajar. Nilai rata-rata kelas 78,68 (meningkat) yang berarti setelah dilakukan siklus II siswa secara keseluruhan mencapai standar ketuntasan belajar di atas 70%. Berdasarkan hasil penelitian mulai dari Pre tes, Post tes I, dan Post tes II yang mengalami peningkatan yang signifikan dapat disimpulkan bahwa dalam
mengoperasionalkan penjumlahan dan pengurangan pada mata pelajaran Matematika dengan bantuan benda-benda kongkrit di kelas I SDN 030305 Sambaliang Tahun Ajaran 2017/2018 Sudah berhasil dilakukan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 357 |
Keywords: | Hasil Belajar; Benda Kongkrit; Ptk |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 12 Apr 2019 09:33 |
Last Modified: | 23 May 2019 02:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35223 |