LUMBAN GAOL, DESMOND (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI NO. 037994 JUMABORNO PADA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM.114511214001_COVER.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
2.NIM.114511214001_LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
3.NIM.114511214001_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
4.NIM.114511214001_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
5.NIM.114511214001_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
6.NIM.114511214001_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
7.NIM.114511214001_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
8.NIM.114511214001_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
9.nim.114511214001_BAB I.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
13.NIM.114511214001_BAB V.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
14.NIM.114511214001_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan model pembelajaran picture and picture dalam mengajar IPA. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA materi daur hidup hewan dengan metamorfosis di kelas IV SD Negeri No. 037994 Jumaborno. Adapun yang terjadi masalah dalam penelitian ini adalah : pembelajaran yang masih bersifat satu arah, minimnya alat peraga, bahan ajar dan metode
mengajar yang konvensional, minat belajar siswa sangat rendah, rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran IPA, dan lemahnya kemampuan berpikir logis siswa dalam menjawab soal-soal IPA. Dengan Subjek Penelitian siswa kelas IV SD
Negeri No. 037994 Jumaborno yang berjumlah 21 orang, terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran picture and picture dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi daur hidup hewan dengan metamorfosis di kelas IV SD Negeri No. 037994 Jumaborno
Desain penelitian yang dilaksanakan adalah model Arikunto (2008:16) mengemukakan secara garis besar terdapat empat tahapan yang dilalui dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas, yaitu : 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3)
pengamatan, dan 4) refleksi. Dengan alat pengumpulan data yaitu tes dan observasi. Tes digunakan untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa, dan observasi dilakukan untuk mengamati aktivitas selama berlangsungnya proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah pemberian tindakan dengan penerapan model pembelajaran picture and picture pada siklus I dan siklus II diperoleh peningkatan yang sangat baik terhadap hasil belajar siswa. Selain itu, siswa lebih aktif, senang, dan kreatif selama proses belajar mengajar berlangsung. Dengan demikian pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran picture
and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA materi daur hidup hewan dengan metamorfosis di kelas IV SD Negeri No. 037994 Jumaborno Tahun Pelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 359 |
Keywords: | Meningkatkan Hasil Belajar, Media Gambar, PTK |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 12 Apr 2019 09:29 |
Last Modified: | 23 May 2019 01:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35220 |