BERUTU, JAIDI (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEADS TUGETHER ( KEPALA BERNOMOR) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATERI PANTUN PADA AIAWA KELAS IV SD NEGERI NO 030425 SIMARPARA KEC PERGETTENG GETENG SENGUT KAB.PAKPAK BHARAT T/P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.114512314005 COVER.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
2. NIM.114512314005 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
4. NIM.114512314005 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
5. NIM.114512314005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
6. NIM.114512314005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
7. NIM.114512314005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM.114512314005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM.114512314005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
10. NIM.114512314005BAB I.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
14. NIM.114512314005 BAB V.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
15. NIM.114512314005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
Abstract
Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya keaktifan siswa dan hasil belajar siswa pada pelajaran bahasa indonesia pada materi pantun dikelas IV SD Negeri 030425 Simarpara. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pelajaran bahasa indonesia pada materi pantun dengan menggunakan model pembelajaran NHT. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 030425 Simarpara tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa 11 orang. Penelitian ini dilaksanakan dengan II siklus. Pada setiap akhir siklus diberikan tes pilihan berganda dan dilakukan observasi untuk mengetahui keaktifan belajar siswa pada
mata pelajaran bahasa indonesia. Rata-rata keaktifan siswa pada pra tindakan sebesar 36, siklus I sebesar 60
dan siklus II sebesar 81. Dan hasil belajar siswa pada pra tindakan nilai rata-rata 41 dengan ketunsatan 0%, siklus I nilai rata-rata 79 dengan ketunsatan 63%, dan
siklus II nilai rata-rata 85 dengan ketunsatan 82%.
Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini terbukti bahwa penerapan model pembelajaran NHT dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada materi pantun pada siswa kelas IV SD Negeri No. 030425 Simarpara Kec.
Pergetteng-Getteng Sengkut Kab. Pakpak Bharat T.P. 2017.2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 388 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education P Language and Literature > PN Literature (General) P Language and Literature > PN Literature (General) > PN3311 Prose. Prose fiction |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 12 Apr 2019 09:03 |
Last Modified: | 22 May 2019 09:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35186 |