Adha, Rizay Biwa (2018) KETERAMPILAN BERPARTISIPASI SISWA MELALUI KEGIATAN OSIS UNTUK MEMBENTUK KARAKTER KEPEMIMPINAN SISWA DI SMP DHARMA PANCASILA MEDAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3143111040 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. NIM. 3143111040 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
3. NIM. 3143111040 ABSTRACT .pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
4. NIM. 3143111040 PREFACE.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
5. NIM. 3143111040 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
6. NIM. 3143111040 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM. 3143111040 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 3143111040 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
12. NIM. 3143111040 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
13. NIM. 3143111040 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keterampilan berpartisipasi siswa melalui kegiatan OSIS untuk membentuk karakter kepemimpinan siswa di SMP Dharma Pancasila Medan Tahun Pelajaran 2017/2018. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Adapaun sampel dalam penelitian ini adalah pengurus OSIS SMP Dharma Pancasila Medan Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 52 orang. Dalam teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung ke lapangan yaitu SMP Dharma Pancasila Medan, kemudian menyebar kuesioner atau angket, serta melakukan wawancara ke beberapa pengurus OSIS di SMP Dharma Pancasila Medan. Untuk menguji dan menganalisis data hasil penelitian agar dapat dipertanggungjawabkan, maka dari itu dalam penelitian ini diuji dengan rumus product moment. Dari hasil penelitian diperoleh rhitung sebesar 0,285, yang menunjukkan bahwa hubungan antara variabel partisipasi siswa (X) dengan variabel karakter kepemimpinan siswa (Y) berada pada tingkat yang rendah. Dengan demikian hipotesis pada penelitian ini dapat diterima karena rhitung > rtabel yaitu sebesar 0,285 > 0,265. Begitu juga dengan hasil pengujian yang dilakukan dengan uji “t” memperoleh hasil thitung sebesar 2,103 dengan demikian hipotesis juga dapat diterima karena thitung > ttabel yaitu 2,103 > 2,009.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PKN 038 |
Keywords: | Keterampilan ; Partisipasi ; OSIS ; Kepemimpinan |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF795 Temperament. Character L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 14:52 |
Last Modified: | 24 Jul 2019 08:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35099 |