KRISTINA, SHANTY RIA (2018) PERAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PPKN DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP DEMOKRATIS SISWA KELAS VIII SMP DHARMA PANCASILA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3143111041 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 3143111041 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (578kB) | Preview
3. NIM. 3143111041 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
3. NIM. 3143111041 PREFACE.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
5. NIM. 3143111041 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
6. NIM. 3143111041 TABLES.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
7. NIM. 3143111041 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8. NIM. 3143111041 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 3143111041 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (464kB) | Preview
13. NIM. 3143111041 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
14. NIM. 3143111041 BIBLIOGPRAHY.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kompotensi kepribadian guru PPKn dalam mengembangkan sikap demokratis siswa kelas VIII SMP Swasta Dharma Pancasila Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Dharma Pancasila Medan dengan jumlah 80 orang siswa. Dikarenakan jumlah populasi pada penelitian ini kurang dari 100 orang, maka sampel pada penelitian ini lebih baik diambil semuannya yakni 80 orang yang dipilih menggunakan teknik nonprobability sampling dengan total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner (angket), observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus tabel frekuensi hasil dari jawaban responden. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan terhadap hasil jawaban responden menunjukkan bahwa kompetensi kepribadian guru PPKn cukup dengan persentasi 51,37% yang menjawab selalu dalam mengembangkan sikap demokratis siswa di kelas VIII SMP Dharma Pancasila Medan. Peran kompetensi kepribadian guru yang dilihat dari kepribadian mantap dan stabil, arif, berwibawa, teladan bagi siswa, dan memiliki akhlak mulia untuk mengembangkan sikap demokratis siswa sudah diterapkan guru dikelas. Guru diharapkan meningkatkan kompetensi kepribadiannya agar mencapai kemaksimalan terhadap jawaban selalu dalam mengembangkan sikap demokratis siswa yang dilihat dari sosok guru sebagai panutannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PKN 040 |
Keywords: | Kompetensi Kepribadian, Guru PPKn, Sikap Demokratis |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF698 Personality L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 14:44 |
Last Modified: | 24 Jul 2019 04:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35089 |