ARMAWATI (2018) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 106811 BANDARA SETIA T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1142111001_COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 1142111001_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
3. NIM. 1142111001_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM. 1142111001_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
5. NIM. 1142111001_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
6. NIM. 1142111001_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
7. NIM. 1142111001_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1142111001_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 1142111001_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
10. NIM. 1142111001_BAB I.pdf - Published Version
Download (378kB) | Preview
11. NIM. 1142111001_BAB II.pdf - Published Version
Download (829kB) | Preview
12. NIM. 1142111001_BAB III.pdf - Published Version
Download (667kB) | Preview
13. NIM. 1142111001_BAB IV.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
14. NIM. 1142111001_BAB V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
15. NIM. 1142111001_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
16. NIM. 1142111001_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ).
Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V.A SDN 106811 Bandar Setia yang
berjumlah 35 siswa, yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 15 siswi perempuan.
Adapun alat pengumpulan data pada saat penelitian dilakukan yaitu menggunakan
lembar observasi untuk guru, serta lembar angket minat belajar siswa yang
dilaksanakan dua siklus.
Hasil data yang diperoleh dari angket pada siklus I terdapat peningkatan
untuk siswa yang tergolong termotivasi sebanyak 9 dengan persentase 25,71% dan
siswa yang tergolong tidak termotivasi sebanyak 26 siswa dengan persentase 74,29%
dan pada siklus II mengalami peningkatan untuk siswa yang tergolong termotivasi
sebanyak 32 siswa dengan persentase 91,43% dan siswa yang tergolong tidak
termotivasi sebanyak 3 siswa dengan persentase 8,57%. Lembar observasi motivasi
belajar pada siklus I pertemuan I terdapat 7 siswa yang tergolong termotivasi 20%
dan 28 siswa yang tergolong tidak termotivasi dengan persentase 80%, pada siklus I
pertemuan II terdapat 20 siswa yang tergolong termotivasi dengan persentase 57,14%
dan 15 siswa yang tergolong tidak termotivasi dengan persentase 42,86%. Pada siklus
II pertemuan I mengalami peningkatan dari siklus sebelumnya diperoleh data bahwa
terdapat 29 siswa yang tergolong termotivasi dengan persentase 82,85% dan 6 siswa
yang tergolong tidak termotivasi dengan persentase 17,15%, dan pada siklus II
pertemuan II diperoleh data bahwa terdapat 33 siswa yang tergolong termotivasi
dengan persentase 94,29% dan 2 orang siswa yang tergolong tidak termotivasi
dengan persentase 5,71%.
Dengan demikian maka dapat disimpulkan kegiatan pembelajaran dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Heads Together dapat
meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya di
kelas V SD Negeri 106811 Bandar Setia T.A 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 406 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 14:43 |
Last Modified: | 30 Sep 2021 10:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35087 |