WIRDAYANI (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 101765 BANDAR SETIA T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1142111011_COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 1142111011_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
3. NIM. 1142111011_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
4. NIM. 1142111011_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
5. NIM. 1142111011_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
6. NIM. 1142111011_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
7. NIM. 1142111011_DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1142111011_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 1142111011_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
10. NIM. 1142111011_BAB I.pdf - Published Version
Download (375kB) | Preview
14. NIM. 1142111011_BAB V.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
15. NIM. 1142111011_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan “Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa
dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inside Outside Circle Materi Pokok
Proses Pembentukkan Tanah di Kelas IV SDN 101765 Bandar Setia T.A
2017/2018”.
Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas V-b SDN 101765 Bandar Setia tahun
ajaran 2017/2018 dengan jumlah 34 orang siswa yang terdiri dari 21 orang siswa
laki-laki dan 13 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah menggunakan tes dan lembar observasi. Adapun penelitian ini
dilaksanakan pada bulan maret sampai mei 2018.
Hasil penelitian diperoleh nilai ketuntasan klasikal dan nilai rata-rata
siswa. Pada saat pretes dari 34 siswa diperoleh tingkat ketuntasan klasikal
sebanyak 9 orang siswa (sebesar 26,47%) mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 25
orang siswa (sebesar 73,53%) mendapat nilai belum tuntas dengan nilai rata-rata
53,67. Siklus I tingkat ketuntasan klasikal meningkat dari sebelumnya yaitu
terdapat 20 orang siswa (58,82%) mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 14 orang
siswa (sebesar 41,18%) mendapat nilai belum tuntas dengan rata-rata 66,76. Pada
saat siklus II tingkat ketuntasan klasikal meningkat dari sebelumnya yaitu terdapat
29 orang siswa (85,29%) mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 5 orang siswa
(14,71%) mendapat nilai belum tuntas dengan rata-rata 87,94%. Dapat dilihat
bahwa dari data tersebut hasil belajar siswa mengalami peningkatan secara
signifikan.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model
pembelajaran inside outside circle dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada
mata pelajaran IPA di kelas V SDN 101765 Bandar setia. Sehingga model
pembelajaran inside outside circle dapat diterapkan oleh guru sebagai salah satu
alternatif untuk meningkatkan hasil tes belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 407 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 14:42 |
Last Modified: | 24 Jul 2019 04:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35086 |