Agustina, Fajar Mulya Nisa (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS BUDAYA MELAYU PADA PEMBELAJARAN NILAI-NILAI DALAM SASTRA MELAYU KLASIK SISWA KELAS X SMA SWASTA PERSIAPAN STABAT. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 2131111018 COVER.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
02. NIM 2131111018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (897kB) | Preview
03. NIM 2131111018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
04. NIM 2131111018 ACNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
05. NIM 2131111018 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
06. NIM 2131111018 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
07. NIM 2131111018 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
08. NIM 2131111018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (558kB) | Preview
12. NIM 2131111018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
13. NIM 2131111018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah keyataan sastra melayu
sebagai salah satu karya asli indonesia,hendaknya dapat dijaga dan
dilestarikan.sastra adalah suatu bentuk tanda seni yang bermediakan bahasa.sastra
hadir untuk di baca dan di pahami serta selanjutya dimanfaatkan,antara lain untuk
mengembangkan wawasan kehidupan.oleh karena itu,pembelajaran sastra
seharusnya ditekankan kenyataan bahwa sastra merupakan salah satu bentuk saeni
yang dapat diapresiasi
Jenis penelitian ani adalah penelitian pengembangan dengan tujuan untuk
menghasilkan perangkat pembelajaran dan penelitian otentik yang valid dan
efektif,beserta seluruh instrumen penelitian yang terkait dengan penerapan
perangkat tersebut dalam pembelajaran indonesia pada pembelajaran nilai-nilai
dalam sastra melayu klasik.
Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan research and
development(R&D).METODE PENELITIOAN R & D digunakan untuk
menghasilkan produk tertentuu dan menguji keefektifan produk yang dihasilkan
melalui empat tahapan: pendefinisian,perencanaan dan penyebaran.penelitian
dilakukan di sma swata persiapan stabat kelas X yang terdiri dari empat kelas
Kegiatan uji coba II(kedua) dilakukan sebanyak dua kali
pertemuan.jumlah siswanya tuntas 28 siswa atau 100% sedangkan sikap belajar
siswa secara global sudah menunjukan peningkatan keaktivan belajar,hal ini
karena beberapa masalah yang ada pada uji I sudah penullis revisi,kalimat sudah
penlis sederhanakan dan bentuk latian penulis perbaiki sesuai dengan kemampuan
daya pikir siswa.berdasarkan respon siswa,sebagian besar siswa sangat antusias
dan senang belajar menggunakan bahasa berbasis budaya melayu.berdasarkan
respon siswa juga diketahui jika siswa mampu meningkatkan keaktivan belajar
sastra melayu klasik.siswa juga maenyatakan jika bahan ajar yang digunakan
merupakan bahasa ajar yang tergolong baru dan mudah untuk memahaminya,jadi
kesimpulan awal produk ini layak dan disukai oleh siswa kelas X-a sma swasta
persiapan stabat
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 IND 088 |
Keywords: | Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Budaya Melayu; Pembelajaran Nilai-nilai Dalam Sastra Melayu Klasik |
Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 14:20 |
Last Modified: | 23 Jul 2019 06:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35059 |