Sidabutar, Richardo Johan (2018) UPAYA GURU PPKN DALAM MEWUJUDKAN CIVIL SOCIETY DI LINGKUNGAN SEKOLAH KELAS X SMA NEGERI 1 PARAPAT TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3133311010 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM. 3133311010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
3. NIM. 3133311010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4. NIM. 3133311010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
5. NIM. 3133311010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
6. NIM. 3133311010 TABLES.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
7. NIM. 3133311010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM. 3133311010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
12. NIM. 3133311010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
13. NIM. 3133311010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan oleh guru
PPKN dalam mewujudkan civil society di lingkungan sekolah, khususnya lagi dalam
lingkungan sekolah SMA Negeri 1 Parapat. Metode penelitian yang digunakan adalah
metode deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah guru PPKN yang mengajar di
kelas X SMA Negeri 1 Parapat dan seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Parapat
Sebanyak 274 siswa dengan mengambil 25% dari jumlah populasi yaitu 68 siswa
dengan menggunakan teknik random sampling (acak sederhana). Adapun teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan mengumpulkan data primer dan
data sekunder. Pengumpulan data secara primer diperoleh langsung dari guru PPKN
yang ada di SMA Negeri 1 Parapat dan Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Parapat.
Sedangkan pengumpulan data secara sekunder dilakukan dengan mengambil data dari
buku, jurnal, artikel, dan dokumen resmi lainnya. Tehnik analisis data menggunakan
tabel frekuensi dan analisis deskriptif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini
menunjukkan bahwa guru PPKN cukup kompeten yakni 60,92% dapat berupaya
dalam mewujudkan civil society di lingkungan sekolah kelas X SMA Negeri 1
parapat tahun pelajaran 2017/2018. Dalam mewujudkan civil society, guru mampu
mengimplementasikan kepada siswa nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila
yaitu nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan, nilai kerakyatan dan nilai
keadilan yang diwujudkan oleh siswa dalam bentuk sikap dan perilaku rasa ingin
tahu, toleransi, bekerjasama, saling menghargai, disiplin, jujur, kerja keras, kreatif
dan inovatif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PKN 059 |
Keywords: | Upaya; Guru PPKN; Civil Society |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology > HM756 Community |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 13:48 |
Last Modified: | 22 Jul 2019 07:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35029 |