KARTIKA, YULI (2018) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE RIVIEW HORAY (CRH) KELAS V SD NEGERI 101766 BANDAR SETIA KEC. PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1142111012_COVER.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
2. NIM. 1142111012-LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (753kB) | Preview
3. NIM. 1142111012_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4. NIM. 1142111012_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
5. NIM. 1142111012_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
6. NIM. 1142111012_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
7. NIM. 1142111012_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 1142111012_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
9. NIM. 1142111012_BAB I.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
13. NIM. 1142111012_BAB V.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
14. NIM. 1142111012_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa pada pelajaran IPA pokok bahasan pesawat sederhana di kelas V SD Negeri 101766 Bandar Setia Kec. Percut Sei Tuan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa menggunakan model Course Riview Horay dan untuk mengetahui apakah model Course Riview Horay dapat meningkatkan minat belajar siswa.
Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 101766 Bandar Setia Kec. Percut Sei Tuan tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah 36 orang siswa yang terdiri siswa perempuan 16 orang dan laki-laki 20 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi dan Angket. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif.
Hasil penelitian pelaksanaan pada kondisi awal dari jumlah 36 siswa dengan menggunakan angket memperoleh nilai rata-rata 59,22% dengan kriteria siswa yang berminat 22% atau sebanyak 8 siswa dari 36 siswa dan kriteria siswa yang tidak berminat 78% atau sebanyak 28 siswa dari 36 siswa. Pada siklus I setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan model Course Riview Horay perolehan angket mendapatkan nilai rata-rata 71,63% dengan kriteria yang berminat 64% atau sebanyak 23 siswa dari 36 siswa dan kriteria yang tidak berminat 36% atau sebanyak 13 siswa dari 36 siswa. Pada siklus II perolehan angket mendapatkan nilai rata-rata 89,83% dengan kriteria siswa yang berminat 100% atau sebanyak 36 siswa dari 36 siswa dan kriteria siswa yang tidak berminat 0% . Hasil observasi siswa secara keseluruhan pada siklus I pertemuan I diperoleh nilai rata-rata 59.22%. Pada siklus I pertemuan II diperoleh 68,38%. Pada siklus II pertemuan I diperoleh nilai rata-rata 77,77%. Pada siklus II pertemuan II nilai rata-rata 90%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Course Riview Horay dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran IPA pokok bahasan pesawat sederhana di kelas V SD Negeri 101766 Bandar Setia Kec. Percut Sei Tuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 414 |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 11:52 |
Last Modified: | 17 Jul 2019 03:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35015 |