SIREGAR, BERDIYAH AYU (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERBANDINGAN DAN SKALA SISWA KELAS V SD NEGERI 105300 SUKA MAKMUR TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143111011_COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM. 1143111011_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
3. NIM. 1143111011_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM. 1143111011_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
5. NIM. 1143111011_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
6. NIM. 1143111011_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 1143111011_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1143111011_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
9. NIM. 1143111011_BAB I.pdf - Published Version
Download (417kB) | Preview
13. NIM. 1143111011_BAB V.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
14. NIM. 1143111011_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan model pembelajaran quantum learning terhadap hasil belajar matematika materi perbandingan dan skala siswa kelas V SD Negeri 105300 Suka Makmur T.A 2017/2018. Hipotesis yang diajukan adalah diduga bahwa Terdapat pengaruh signifikan antara model pembelajaran quantum learning terhadap hasil belajar matematika materi perbandingan dan skala siswa kelas V SD Negeri 105300 Suka Makmur T.A 2017/2018.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimental. Untuk memperoleh data yang diperlukan, peneliti menggunakan alat pengumpulan data berupa tes pilihan berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 105300 Suka Makmur. Sampel penelitian yang diambil sebanyak 2 kelas yaitu kelas VA (kelas kontrol) berjumlah 26 orang dan kelas VB (kelas eksperimen) berjumlah 26 orang. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model quantum learning dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional.
Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen adalah 38,8 dan kelas kontrol 39,6, setelah pembelajaran selesai diberikan post-test dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 80 da kelas kontrol 70,9. Berdasarkan uji normalitas post-test kelas eksperimen diperoleh Lhitung=0,040972 sedangkan Ltabel=0,173759. Karena Lhitung<Ltabel maka data berdistribusi normal. Jika data sudah berdistribusi normal, selanjutnya diuji homogenitasnya dan diperoleh Fhitung=1,5 sedangkan Ftabel=1,951. Karena Fhitung<Ftabel maka data homogen. Dari hasil uji hipotesis menggunakan Uji-t diperoleh thitung=2,827 sedangkan ttabel=2,008. Karena thitung>ttabel maka Ha diterima. Melalui uji t tersebut diperoleh hasil signifikan bahwa hasil belajar menggunakan model quantum learning di kelas eksperimen lebih baik dibandingkan metode konvensional di kelas kontrol.
Kesimpulan dalam penelitian adalah dari hasil uji hipotesis didapat hasilnya signifikan, sehingga hasil belajar siswa dengan menerapkan model quantum learning memiliki pengaruh yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran matematika materi perbandingan dan skala di kelas V.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 416 |
Keywords: | Model Quantum Learning, Hasil Belajar Matematika Materi Perbandingan dan Skala |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 11:46 |
Last Modified: | 17 Jul 2019 01:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35008 |