Tarigan, Aryana Agustina (2018) PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK ANAK USIA 5-6 DI TK SANTA LUSIA MEDAN PERJUANGAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143313004_COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 1143313004_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
3. NIM. 1143313004_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
4. NIM. 1143313004_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
5. NIM. 1143313004_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM. 1143313004_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
7. NIM. 1143313004_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1143313004_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 1143313004_BAB I.pdf - Published Version
Download (426kB) | Preview
13. NIM. 1143313004_BAB V.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
14. NIM. 1143313004_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini (1) Pendidikan lebih banyak mengutamakan perkembangan sosial emosional dan kognitif, sehingga porsi untuk pembelajaran memberi, membantu dan berhitung lebih diutamakan sedangkan pembelajaran bahasa hanya sebagai sisipan saja.di dalam program kegiatan belajar mengajar perkembangan bahasa sudah memiliki program khusus, tetapi untuk pelaksanaannya kurang mendapatkan porsi yang sesuai, (2) Kurangnya pemahaman guru dan orangtua dalam merangsang keterampilan menyimak anak, (3) Guru kurang mengetahui film animasi anak-anak yang terbaru, sehingga anak merasa agak bosan mendengarkan film animasi itu-itu saja seperti film boboi, dan upin dan ipin, (4) Film Animasi kurang dimanfaatkan sebagai perangsang keterampilan menyimak anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh media audio visual terhadap keterampilan menyimak Anak Usia 5-6 Tahun di TK Santa Lusia T.A 2017-2018.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Sampel dalam penelitian ini kelas B1 20 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas B2 20 orang sebagai kelas kontrol. Alat pengumpul data menggunakan lembar observasi. Sebelum pengujian hipotesis (uji-t) terlebih dahulu diuji normalitas menggunakan Liliefors, dan homogenitas menggunakan uji F.
Berdasarkan hasil analisis data diatas diperoleh rata-rata nilai pada kelas eksperimen 9,1 dengan nilai tertinggi 12 dan nilai terendah 4, sehingga keterampilan menyimak anak pada kelas eksperimen tergolong dalam kategori tinggi. Sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol 7 dengan nilai tertinggi 10 dan nilai terendah 2, sehingga keterampilan menyimak anak pada kelas kontrol tergolong dalam kategori cukup. Berdasarkan hasil uji hipotesis di peroleh thitung > ttabel yaitu 2, 555 >1,048 pada taraf α = 0.05. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa media audio visual berpengaruh terhadap keterampilan menyimak Anak Usia 5-6 Tahun di TK Santa Lusia T.A 2017-2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PAUD 042 |
Keywords: | PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. KETERAMPILAN MENYIMAK |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 11:34 |
Last Modified: | 15 Jul 2019 01:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34993 |