Utami, Rina (2018) PERAN GURU PPKN DALAM PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DI KELAS X SMA SWASTA BUDISATRYA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3142111021 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. NIM. 3142111021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (861kB) | Preview
3. NIM. 3142111021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
4. NIM. 3142111021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
5. NIM. 3142111021 TABLE OF CONTEN.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
6. NIM 3142111021 TABLES.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
7. NIM. 3142111021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
8. NIM. 3142111021 PPENDICES.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
9. NIM. 3142111021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
13. NIM. 3142111021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
14. NIM. 3142111021 BIBLIOGHRAPHY.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Guru PPKn Dalam Pendidikan Karakter Siswa Di Kelas X SMA Swasta Budisatrya Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Budisatrya Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018 yang berjumlah 143 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 25% dari jumlah populasi, yaitu 36 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Data primer didapat narasumber secara langsung di lapangan. Data sekunder didapat dari skripsi, makalah, jurnal terdahulu yang relevan dan terkait dalam penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus tabel frekuensi hasil dari jawaban responden. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan terhadap hasil jawaban responden menunjukkan bahwa pembelajaran PPKn belum berperan dengan maksimal dalam membentuk nilai karakter religius, mandiri, kreatif, demokratis dan tanggung jawab terhadap siswa di SMA Swasta Budisatrya Medan. Hasil perhitungan tabel frekuansi penelitian ini menunjukkan bahwa 70,83% peran guru PPKn dalam pendidikan karakter siswa, persentase ini dikategorikan pada level cukup baik. Dalam pembelajaran PPKn guru diharapkan meningkatkan perannya dalam pendidikan karakter siswa baik dari segi materi maupun cara guru mengajarkan pembelajaran PPKn pada siswa agar mencapai kemaksimalan terhadap jawaban selalu dan untuk mewujudkan generasi muda yang berkarakter.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PKN 064 |
Keywords: | Peran Guru PPKn, Nilai- Nilai Karakter |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 11:23 |
Last Modified: | 11 Jul 2019 08:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34980 |