marito panjaitan, Sihol (2018) SIKAP GURU PPKN SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI SMP DHARMA PANCASILA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3141111037 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 3141111037 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
3. NIM. 3141111037 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
4. NIM. 3141111037 PREFACE.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
5. NIM. 3141111037 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6. NIM. 3141111037 TABLES.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
7. NIM. 3141111037 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 3141111037 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (460kB) | Preview
12. NIM. 3141111037 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
13. NIM. 3141111037 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran faktual mengenai Sikap guru PPKn Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Kedisplinan Siswa Di SMP Dharma Pancasila Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Dharma Pancasila Medan dengan jumlah populasi 81 orang siswa. Dikarenakan jumlah populasi pada penelitian ini kurang dari 100 orang, maka sampel pada penelitian ini lebih baik diambil semuanya yakni 81 orang yang dipilih menggunakan teknik nonprobability sampling dengan total sampling. Data primer didapat narasumber secara langsung dilapangan. Data sekunder didapat dari makalah, skripsi, jurnal terdahulu yang relevan dan terkait dalam penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner ( angket) dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus tabel frekuensi hasil dari jawaban responden. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan terhadap hasil jawaban responden menunjukkan bahwa sikap guru PPKn sebagai motivator dalam meningkatkan kedisiplinan siswa cukup baik dengan persentasi 64,50% dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di kelas VII SMP Dharma Pancasila Medan. Sikap guru PPKn sebagai motivator ditunjukkan dengan memberikan nasehat, memberikan hukuman, memberikan penghargaan, melakukan kerjasama dengan orangtua dan bersikap disiplin peningkatan kedisiplinan siswa di kelas. Guru diharapkan dapat menjadi motivator agar mencapai kemaksimalan terhadap jawaban ya dalam meningkatkan kedisiplinan siswa yang dilihat dari sosok guru sebagai panutan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PKN 066 |
Keywords: | sikap guru PPKn sebagai motivator, Guru PPKn, Kedisiplinan Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 11:20 |
Last Modified: | 11 Jul 2019 03:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34976 |