Munthe, Hannas C.P. (2018) PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 13 MEDAN T.P. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4143121021. COVER.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
2. NIM. 4143121021. APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
3. NIM. 4143121021. BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
4. NIM. 4143121021. ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
5. NIM. 4143121021. PREFACE.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
6. NIM. 4143121021. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
7. NIM. 4143121021. ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
8. NIM. 4143121021. TABLE.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
10. NIM. 4143121021. APPENDICES.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
11. NIM. 4143121021. CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (558kB) | Preview
15. NIM. 4143121021. CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
16. NIM. 4143121021. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (418kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model learning cycle 5E terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok usaha dan energi di kelas X semester II SMA Negeri 13 Medan T.P. 2017/2018.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 13 Medan yang terdiri dari 7 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik cluster rundom sampling dan diperoleh dua kelas yaitu kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 orang dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 34 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda dengan jumlah 20 soal. Sebelum tes digunakan, terlebih dahulu divalidkan oleh validator yaitu dua dosen fisika dan satu guru fisika.
Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 38,91 dengan standard deviasi 12,10 dan nilai rata-rata pretest kelas kontrol 43,38 dengan standard deviasi 9,83, setelah itu diberikan perlakuan yang berbeda pada kedua kelas. Kelas eksperimen dibelajarkan dengan menggunakan model Learning Cycle 5E dan kelas kontrol dibelajarkan dengan model konvensional. Dari perlakuan tersebut, diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 73, 91 dengan standard deviasi 11,34 dan kelas kontrol 66,47 dengan standard deviasi 11,25. Secara statistik dengan perhitungan menggunakan Uji-t pada taraf signifikan (α) = 0,05 diperoleh thitung = 2,673 dan ttabel = 1,669, terlihat bahwa thitung > ttabel berarti Ho ditolak dan terima Ha dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model Learning Cycle 5E terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok usaha dan energi di kelas X semester II SMA Negeri 13 Medan T.P. 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 073 |
Keywords: | Hasil Belajar, Learning Cycle 5E, Usaha dan Energi |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 11:13 |
Last Modified: | 10 Jul 2019 04:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34967 |