Yanti, Kisna Adi (2018) PENERAPAN GOOD GOVERNANCE DALAM PENYELENGGARAAN PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN LABUHANBATU UTARA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3143311014 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2. NIM. 3143311014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
3. NIM. 3143311014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
4. NIM. 3143311014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
5. NIM. 3143311014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
6. NIM. 3143311014 LIST OF FIGURES .pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM. 3143311014 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM. 3143311014 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM. 3143311014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
13. NIM. 3143311014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
14. NIM. 3143311014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran faktual mengenai bagaimana penerapan good governance dalam penyelenggaraan pemerintah daerah melalui pelayanan publik di Kabupaten Labuhanbatu Utara dan untuk mengetahui apasaja faktor penghambat menerapkan good governance dalam penyelenggaraan pemerintah daerah melalui pelayanan publik di Kabupaten Labuhanbatu Utara. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif Kualitatif. Pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan penentuan informan awal yang dipilih 8 orang masyarakat, 3 orang dari setiap kepala bidang yang masing-masing bidang 1 orang (pendidikan, kesehatan dan kependudukan) dan 2 orang dunia usaha swasta. Analisis data menggunakan analisis model interaktif dari Milis dan Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Good Governance melalui Pelayanan Publik, baik itu dibidang Pendidikan, Kesehatan, dan Administratif Kependudukan (pembuatan E-KTP, Kartu Keluarga dan Akta Kelahira) dalam Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Kabupaten Labuhanbatu Utara sudah berjalan dengan baik dan telah menerapkan kedelapan prinsip-prinsip good governance menurut UNDP (United Nation Development Program) tersebut, yaitu prinsip Partisipasi, Transparansi, Akuntabilitas, Efektif dan Efisien, Kepastian Hukum, Responsif, Konsensus, Setara dan Inklusif. Hubungan antara tiga pilar yaitu Pemerintah, Dunia Usaha Swasta dan Masyarakat juga sudah sinergis antara satu dengan yang lainnya, artinya ketiga pilar tersebut telah bekerjasama untuk mewujudkan suatu Pemerintahan yang baik. Sedangkan kendala yang dihadapi ialah keterbatasan anggaran Pemerintah, kurang mahirnya pegawai dalam memberikan informasi publik kepada masyarakat, kelalaian dalam kedisiplinan dan jauhnya domisili masyarakat sehingga agak sulit untuk langsung mengurus E-KTP, Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran ke Pusat Kota Aek Kanopan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PKN 070 |
Keywords: | Good Governance, Pemerintah, Masyarakat dan Dunia Usaha Swasta, Pelayanan Publik |
Subjects: | J Political Science > JS Local government. Municipal government K Law > K Law (General) > K520 Comparative law. International uniform law > K3440 Civil service. Government officials and employees |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 10:52 |
Last Modified: | 19 Jun 2019 03:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34947 |