SINAGA, ANNISA FADILAH (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DI KELAS IV SD NEGERI 010067 MERANTI KEC. MERANTI TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1141111067_COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 1141111067_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
3. NIM. 1141111067_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
4. NIM. 1141111067_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
5. NIM. 1141111067_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM. 1141111067_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
7. NIM. 1141111067_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
8. NIM. 1141111067_DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 1141111067_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
10. NIM. 1141111067_BAB I.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
14. NIM. 1141111067_BAB V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
15. NIM. 1141111067_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan model pembembelajaran Snowball Throwing pada mata pelajaran IPA materi Energi dan Penggunaanya bagi siswa kelas IV SD Negeri 010067 Meranti Kec. Meranti. Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 010067 Meranti Kec. Meranti. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan teknik yang tes dan lembar observasi guru dan lembar observasi siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dalam setiap siklus terdiri 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.
Berdasarkan analisis data hasil belajar siswa diperoleh pada saat pretest dari 30 siswa diperoleh tingkat ketuntasan sebanyak 11 siswa (36,67%) dengan rata-rata nilai 47,79 dan sebanyak 19 siswa (63,33%) tidak tuntas. Pada siklus I
diperoleh tingkat ketuntasan sebanyak 14 siswa (46,67%) mendapat nilai tuntas dengan rata-rata nilai 66,17 dan sebanyak 16 siswa (53,33%) tidak tuntas. Pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasan sebanyak 26 siswa (86,67%) dengan nilai rata-rata 83,557 dan sebanyak 4 siswa (13,33%) tidak tuntas. Dari tes yang dilakukan terhadap siswa dari awal pertemuan hingga akhir diperoleh hasil meningkat.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dikelas IV SD Negeri 010067 Meranti Kec. Meranti.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 420 |
Keywords: | Snowball Throwing, Hasil Belajar, PTK |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 10:44 |
Last Modified: | 23 Jul 2020 22:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34938 |