PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU GIZI DALAM MENGGUNAKAN ANGKA KECUKUPAN GIZI (AKG) SISWA KELAS X TATA BOGA SMK NEGERI 10 MEDAN

Ginting, Erna Desiska (2017) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU GIZI DALAM MENGGUNAKAN ANGKA KECUKUPAN GIZI (AKG) SISWA KELAS X TATA BOGA SMK NEGERI 10 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5121142002 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5121142002 COVER.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5121142002 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5121142002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (437kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5121142002 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5121142002 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5121142002 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5121142002 PREFACE.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5121142002 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5121142002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5121142002 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5121142002 TABLES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5121142002 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5121142002 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5121142002 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5121142002 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (373kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 5121142002 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 5121142002 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 5121142002 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 5121142002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk mengetahui hasil belajar Ilmu gizi kompetensi menggunakan Angka Kecukupan Gizi (AKG) kelas X di SMK Negeri 10 Medan yang tidak menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya. 2) Untuk mengetahui hasil belajar Ilmu gizi kompetensi menggunakan Angka Kecukupan Gizi (AKG) kelas X SMK Negeri 10 Medan yang menggunakan metode tutor sebaya. 3)Untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan metode pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar Ilmu gizi kompetensi menggunakan Angka Kecukupan Gizi (AKG) pada siswa kelas X SMK Negeri 10 Medan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperiemen. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 10 Medan. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 66 orang siswa. Penelitian ini menggunakan teknik total sampling terdiri dari 2 variabel, yaitu metode pembelajaran tutor sebaya (X), dan hasil belajar ilmu gizi dalam menggunakan Angka Kecukupan Gizi (AKG) (Y).
Berdasarkan hasil penelitian, setelah diberi perlakuan dengan menggunakan kelas eksperimen, metode pembelajaran tutor sebaya diperoleh hasil uji kecenderungan 85 % dengan rata – rata hitung 41,77 dan standar deviasi 2,87. Dibandingkan kelas kontrol diperoleh hasil uji kecenderungan 52 %, dengan rata – rata hitung 33,04 dan standar deviasi 4,03. Dari hasil perhitungan uji hipotesis untuk post tes diperoleh t hitung > t tabel (10,15 >1,669), maka Ha diterima berarti ada pengaruh yang positif dan signifikan dengan penggunaan metode pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar Ilmu Gizi Dalam Menggunakan Angka Kecukupan Gizi (AKG) Siswa Kelas X Tata Boga SMK Negeri 10 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 BOGA 020
Keywords: Metode Pembelajaran Tutor Sebaya, hasil belajar ilmu gizi
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
R Medicine > RJ Pediatrics > RJ206 Nutrition and feeding of children and adolescents
T Technology > TX Home economics > TX341 Nutrition. Foods and food supply
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 11 Apr 2019 10:36
Last Modified: 14 Jul 2022 03:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34930

Actions (login required)

View Item
View Item