ULFA, AGUSTIA (2018) PENGARUH KEGIATAN BERMAIN AIR TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD ANANDA MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143313002_COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 1143313002_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
3. NIM. 1143313002_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
4. NIM. 1143313002_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
5. NIM. 1143313002_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
6. NIM. 1143313002_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
7. NIM. 1143313002_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1143313002_DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 1143313002_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
10. NIM. 1143313002_BAB I.pdf - Published Version
Download (402kB) | Preview
14. NIM. 1143313002_BAB V.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
15. NIM. 1143313002_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah perkembangan kognitif anak
khususnya pada aspek menalar belum berkembang secara optimal. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan bermain air terhadap
perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di PAUD Ananda Medan T.A
2017/2018.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Desain
yang digunakan adalah Quasi Experimen Design (penelitian eksperimen semu),
dengan bentuk The Equivalen Time Samples Design. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh anak kelompok B di PAUD Ananda Medan yang berjumlah 27
anak, yang terdiri dari kelas B1 dengan jumlah 15 anak dan B2 dengan jumlah 12
anak. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random
sampling. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah kelas B1 berjumlah 15
anak. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode observasi tersktruktur
dengan instrument lembar observasi. Analisis data dilakukan dengan
menggunakan uji statistik deskriptif dan statistik inferensial, yaitu uji Tes
Friedman.
Hasil analisis data menunjukkan untuk observasi pertama yang diberikan
perlakuan (XI) memperoleh nilai rata-rata 5,2, observasi kedua yang tidak diberi
perlakuan (X0) memperoleh nilai rata-rata 3,4, observasi ketiga yang diberi
perlakuan (XI) memperoleh nilai rata-rata 7,6 dan observasi keempat yang tidak
diberi perlakuan (X0) memperoleh nilai rata-rata 6,2. Dari hasil data tersebut
terlihat bahwa pada pemberian perlakuan pemainan air memiliki nilai rata-rata
lebih tinggi dibandingkan tidak diberi perlakuan. Dari hasil uji hipotesis diperoleh
hitung > X2
tabel pada taraf signifikan 0,05 atau 5% yaitu 1517,92 > 7,82 maka
nilai rata-rata (XI) signifikan. Dengan demikian penggunaan permainan air
berpengaruh secara signifikan terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6
tahun di PAUD Ananda Medan T.A 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PAUD 051 |
Keywords: | perkembangan kognitif; PAUD; motorik anak |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 10:31 |
Last Modified: | 17 Apr 2020 03:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34927 |