Manik, Erwin Adi Putra (2018) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS XI SEMESTER II SMA SWASTA RAKSANA MEDAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.4143121015 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM.4143121015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
3. NIM.4143121015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4. NIM.4143121015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
5. NIM.4143121015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
6. NIM 4132121021 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 4123121016 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM 4132121021 TABLES.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
9. NIM 414312015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
13. NIM.4143121015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM.4143121015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) berbantuan media powerpoint terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Fluida Statis kelas XI IPA Semester II di SMA Swasta Raksana Medan T.P 2017/2018.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian two group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Semester II yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan model PBL dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar dalam bentuk essai dengan jumlah 8 soal. Sebelum instrumen digunakan, instrumen terlebih dahulu di validasi oleh validator. Dan untuk menguji hipotesis digunakan uji t satu pihak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretes kelas eksperimen sebesar 11,18 dengan standar deviasi 2,62 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 11,29 dengan standar deviasi 2,69. Hasil analisis uji normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa data pretes berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji kemampuan awal thitung=0,1642<ttabel=1,9966. Nilai rata-rata postes kelas eksperimen sebesar 77,39 dengan standar deviasi 4,22 dan kelas kontrol sebesar 68,71 dengan standar deviasi 5,26. Hasil analisis uji normalitas dan homogenitas menujukkan bahwa data postes berdistribusi normal dan homogen. Hasil pengolahan data postes (uji t satu pihak) diperoleh bahwa Fhitung = 7,3559 dan Ftabel = 1,6687, sehingga Fhitung > Ftabel menunjukkan ada pengaruh model problem based learning (PBL) berbantuan media powerpoint terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Fluida Statis di kelas XI semester II SMA Swasta Raksana Medan T.P. 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 074 |
Keywords: | aktivitas belajar;hasil belajar;media powerpoint;model problem based learning (PBL) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC717.6 Plasma physics. Ionized gases |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 10:26 |
Last Modified: | 21 Apr 2020 04:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34922 |