Hia, Nuri Novti Sari (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERBANTU MEDIA GAMBAR ANATOMI TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF, AFEKTIF, DAN KETERAMPILAN SISWA DI KELAS VIII SMP PARULIAN 2 MEDAN T.P. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4141141053 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 4141141053 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
3. NIM. 4141141053 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
4. NIM. 4141141053 PREFACE.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
5. NIM. 4141141053 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
6. NIM. 4141141053 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
7. NIM. 4141141053 TABLES.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
8. NIM. 4141141053 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
9. NIM. 4141141053 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (450kB) | Preview
13. NIM. 4141141053 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
14. NIM. 4141141053 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berbantu media gambar anatomi terhadap hasil belajar kognitif, afektif dan keterampilan peserta didik pada materi pokok sistem ekskresi manusia di kelas VIII SMP Parulian 2 Medan tahun pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan pretest-postest control group design. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII-2 sebagai kelas GI+M, kelas VIII-1 sebagai kelas GI dan kelas VIII-3 sebagai kelas konvensional. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berbantu media gambar anatomi sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar kognitif, afektif dan keterampilan peserta didik. Hasil uji perbedaaan rata-rata nilai postest menunjukan bahwa rata-rata nilai postest kelas GI+M lebih baik dibandingkan dengan kelas GI dan Konvensional dibuktikan dengan perolehan (Fhitung > Ftabel) (4,614 > 3,094), sedangkan hasil uji perbedaaan rata-rata nilai angket menunjukan bahwa rata-rata nilai angket kelas GI+M lebih baik dibandingkan dengan kelas GI dan Konvensional dibuktikan dengan perolehan (Fhitung > Ftabel) (3,305 > 3,094) dan untuk hasil uji perbedaaan rata-rata nilai mapping mind menunjukan bahwa rata-rata nilai mapping mind kelas GI+M lebih baik dibandingkan dengan kelas GI dan Konvensional dibuktikan dengan perolehan (Fhitung > Ftabel) (10,007 > 3,094). Berdasarkann hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berbantu media gambar anatomi berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 091 |
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantu Media Gambar Anatomi, Hasil Belajar Kognitif, Afektif Dan Keterampilan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QM Human anatomy |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 10:18 |
Last Modified: | 21 Apr 2020 07:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34916 |