GINTING, GRACE ANGELITA (2018) HUBUNGAN CARA BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X ILMU SOSIAL SMA NEGERI 15 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3141131020 COVER.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2. NIM. 3141131020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (500kB) | Preview
3. NIM. 3141131020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
4. NIM. 3141131020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
5. NIM. 3141131020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
6. NIM. 3141131020 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM. 3141131020 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 3141131020 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
9. NIM. 3141131020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
14. NIM. 3141131020 CHAPTER VI.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
15. NIM. 3141131020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui cara belajar siswa kelas X ilmu sosial, (2) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa kelas X ilmu sosial, (3) Untuk mengetahui hubungan cara belajar siswa kelas X ilmu sosial pada bidang studi Geografi di SMA Negeri 15 Medan T.A 2017/2018, (4) Untuk mengetahui besar kontribusi hubungan cara belajar siswa kelas X ilmu sosial SMA Negeri 15 Medan dengan prestasi belajar siswa kelas X ilmu sosial pada bidang studi Geografi.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 15 Medan Tahun 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X, terdiri dari 10 kelas dan berjumlah 300 siswa dan sampel dalam penelitian ini 30% dari populasi yaitu sebanyak 90 siswa. Teknik Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Cara belajar siswa kelas X Ilmu Sosial di SMA Negeri 15 Medan sebagian besar pada kategori tinggi sebesar 44,44% dengan frekuensi 40 siswa dari 90 siswa. (2) Prestasi belajar siswa sebagian besar kategori sangat tinggi sebesar 56,66% dengan frekuensi 51 siswa dari 90 siswa. (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara cara belajar siswa terhadap prestasi belajar Geografi siswa di SMA Negeri 15 Medan yang dibuktikan dengan dengan perolehan r hitung 0,73 > r tabel 0,17 dengan taraf signifikansi 0,05. (4) Hasil uji hipotesis koefisien determinasi menujukkan bahwa besar kontribusi yang disumbangkan cara belajar terhadap prestasi belajar Geografi siswa adalah 50% dan 50% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa cara belajar memiliki hubungan dan kontribusi yang besar terhadap prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 GEO 077 |
Keywords: | cara belajar visual; auditorial; kinestetik; prestasi belajar Geografi |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 10 Apr 2019 16:03 |
Last Modified: | 15 Apr 2020 03:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34891 |