Sijabat, Engelina Veronika (2018) ANALISIS HASIL BELAJAR KIMIA SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERMEDIA MACROMEDIA FLASH MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4141131012- COVER.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
2. 4141131012- LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
3. 4141131012-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
4. 4141131012- KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
5. 4141131012- DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
6. 4141131012- DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7. 4141131012- DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. 4141131012- BAB I.pdf - Published Version
Download (375kB) | Preview
13. 4141131012- BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
14. 4141131012- DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model problem based learning dengan media macromedia flash pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit, mengetahui korelasi sikap sosial siswa dengan hasil belajar yang diajarkan dengan model problem based learning dengan macromedia flash. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Purba yang berjumlah 2 kelas. Sampel yang digunakan pada penelitian ini diambil secara purposive sampling sebanyak dua kelas, yakni satu kelas sebagai kelas eksperimen I yang diajarkan dengan model problem based learning yang dengan macromedia flash melalui pendekatan saintifik dan satu kelas sebagai kelas eksperimen II yang diajarkan dengan model problem based learning melalui pendekatan saintifik. Masing-masing kelas terdiri dari 30 siswa. Instrumen tes yang valid sebanyak 20 soal dengan reliabilitas 0.72. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa data hasil pretest, posttest pada kelas eksperimen I dan eksperimen II berdistribusi normal sig > 0,05, dan homogen dengan sig > 0,05 diperoleh 0,069 > 0,05. sedangkan untuk uji hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh sig < 0,05 yaitu sebesar 0,003 < 0,05, berarti Ha diterima dan tolak Ho yaitu ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model problem based learning dengan macromedia flash melalui pendekatan saintifik dibandingkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model problem based learning melalui pendekatan saintifik pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit di kelas X SMA Negeri 1 Purba. Untuk korelasi, signifikan antara sikap sosial siswa dengan hasil belajar siswa yaitu sig < 0,05 diperoleh 0,03 < 0,05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 KIM 057 |
Keywords: | Problem Based Learning, Macromedia Flash, Pendekatan Saintifik |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 10 Apr 2019 15:37 |
Last Modified: | 06 Aug 2019 02:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34867 |