ELFRIDA BERUTU (2018) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI FUNGI DI KELAS X SMA N 1 SALAK KABUPATEN PAKPAK BHARAT T.P. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4141141020 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM. 4141141020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
3. NIM. 4141141020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4. NIM. 4141141020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
5. NIM. 4141141020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
6. NIM. 4141141020 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
7. NIM. 4141141020 TABLES.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
8. NIM. 4141141020 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
9. NIM. 4141141020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
13. NIM. 4141141020 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
14. NIM. 4141141020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep dan tingkat keterampilan berpikir kritis pada materi Fungi di kelas X SMA N 1 SALAK Kabupaten Pakpak Bharat Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Salak Kabupaten Pakpak Bharat Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 210 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah 2 kelas sebanyak 64 orang, yang diambil secara Random sampling. Hasil Penelitian menunjukan pemahaman konsep siswa 1.56% baik sekali, 7.89% baik, 35.93 sedang dan 54.68% kurang sedangkan berdasarkan indikator soal, pemahaman konsep siswa tertinggi 89.37% terdapat pada indikator 4 yaitu menjelaskan cara hidup dan reproduksi jamur dan pemahaman konsep terendah 56.25% terdapat pada indikator soal 5 yaitu mendeskripsikan peranan jamur dalam kehidupan, dan Hasil penelitian menunjukan keterampilan berpikir kritis siswa 7.81% baik, 50% cukup baik, 34.37 kurang dan 7.81% kurang sekali dan hasil keterampilan berpikir kritis siswa dilihat dari 5 aspek berpikir kritis yaitu; memberikan penjelasan sederhana 66.92%, membangun keterampilan dasar 65.23 %, menyimpulkan 39.68%, membuat penjelasan lebih lanjut 74.21% dan mengatur strategi dan taktik 47.65%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan pemahaman konsep siswa berada pada kategori kurang dan keterampilan berpikir kritis siswa berada pada kategori kurang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 116 |
Keywords: | PEMAHAMAN KONSEP, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, FUNGI |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 10 Apr 2019 15:18 |
Last Modified: | 28 Feb 2020 07:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34841 |