SAFITRI, MUTYA FIKA (2018) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI TITRASI ASAM BASA MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS MACROMEDIA FLASH. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4143331016 COVER.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
2. NIM. 4143331016 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
4. NIM. 4143331016 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
5. NIM. 4143331016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
6. NIM. 4143331016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
7. NIM. 4143331016 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM. 4143331016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
9. NIM. 4143331016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
10. NIM. 4143331016 BAB I.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
14. NIM. 4143331016 BAB V.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
15. NIM. 4143331016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa pada materi titrasi asam basa menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan PBL berbasis macromedia flash. Penelitian dilakukan di kelas XI MIA SMA Negeri 21 Medan T.A. 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 21 Medan yang terdiri dari 4 kelas. Sampel ditetapkan dengan teknik purposive sampling, yakni mengambil 2 kelas yang dijadikan kelas eksperimen. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rancangan eksperimen Pretest-posttest Control Group Design. Pengumpulan data dilakukan dengan pre-test dan post-test, data untuk hasil belajar menggunakan instumen yang valid sebanyak 20 soal dan reliabel (0,823) dan data untuk keterampilan proses sains siswa diperoleh melalui tes keterampilan proses sains dengan menggunakan instrumen yang telah valid. Hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan hasil belajar siswa pada materi titrasi asam basa menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan PBL berbasis macromedia flash dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 2,876 > 2,001 dan ada perbedaan keterampilan proses sains siswa pada materi titrasi asam basa menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan PBL berbasis macromedia flash dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 2,297 > 2,001.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 KIM 074 |
Keywords: | hasil belajar, keterampilan proses sains, inkuiri terbimbing, macromedia flash, problem based learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 10 Apr 2019 14:54 |
Last Modified: | 17 Jul 2019 04:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34817 |