MAULIDA, SRI (2018) IMPLEMENTASI PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4141131048 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 4141131048 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
3. NIM. 4141131048 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4. NIM. 4141131048 PREFACE.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
5. NIM. 4141131048 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
6. NIM. 4141131048 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 4141131048 TABLES.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
8. NIM. 4141131048 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
9. NIM. 4141131048 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
13. NIM. 4141131048 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
14. NIM. 4141131048 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar kimia siswa yang diberikan pembelajaran Pedagogical Content Knowledge (PCK) dengan model kooperatif tipe make a match lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe make a match pada materi tata nama senyawa. Sampel penelitian adalah dua kelas X MIA SMA Negeri 3 Binjai yang dipilih dengan teknik penentuan sampel (purposif sampling) yaitu kelas eksperimen I yang diberikan pembelajaran Pedagogical Content Knowledge (PCK) dengan model kooperatif tipe make a match dan kelas eksperimen II diberikan pembelajaran dengan model kooperatif tipe make a match. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes objektif dalam bentuk pilihan berganda berjumlah 20 soal yang sudah diuji validasi butir item, tingkat kesukaran, daya beda, distraktor, dan reliabilitas. Dari hasil penelitian, untuk kelas eksperimen I diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 35,28 dan posttest adalah 82,64. Sedangkan nilai rata-rata pretest untuk kelas eksperimen II sebesar 31,53 dan posttest adalah 76,94. Peningkatan hasil belajar siswa yang diberikan pembelajaran dengan Pedagogical Content Knowledge (PCK) yaitu sebesar 74%, sedangkan peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model kooperatif tipe make a match yaitu sebesar 67%. Model pembelajaran yang digunakan pada kedua kelas eksperimen sama yaitu model kooperatif tipe make a match. Data yang diperoleh dengan analisis uji t satu pihak (pihak kanan). Hasil uji hipotesis menunjukkan thitung > ttabel (4,118 > 1,66691), berarti Ho ditolak dan Ha diterima yaitu hasil belajar yang diberikan pembelajaran Pedagogical Content Knowledge (PCK) dengan model kooperatif tipe make a match lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe make a match.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 KIM 080 |
Keywords: | PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK), MAKE A MATCH, HASIL BELAJAR, TATA NAMA SENYAWA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 10 Apr 2019 14:45 |
Last Modified: | 03 Mar 2020 04:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34809 |