SARI, DWI RETNO (2018) INOVASI BAHAN AJAR BERBASIS PROYEK DENGAN MULTIMEDIA PADA PENGAJARAN ALKOHOL DAN ETER DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4143131010 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. NIM 4143131010 APPROVAL SHEET_docx.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
3. NIM 4143131010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
4. NIM 4143131010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
5. NIM 4143131010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
6. NIM 4143131010 TABLES.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
7. NIM 4143131010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
8. NIM 4143131010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
9. NIM 4143131010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
13. NIM 4143131010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
14. NIM 4143131010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Atas Negeri 14 Medan, yang bertujuan untuk uji coba bahan ajar Kimia berbasis proyek dengan multimedia pada pokok bahasan alkohol dan eter yang telah divalidasi dosen dan guru sesuai dengan angket Badan Standar Nasional Pendidikan yang meliputi aspek kelayakan isi, kelayakan bahasa, kelayakan penyajian, dan kelayakan kegrafikan. Hasil penilaian validasi dosen dan guru terhadap bahan ajar yang dikembangkan memenuhi standar BSNP dengan kriteria valid dan tidak perlu direvisi, dengan rata-rata keseluruhan (3,705). Bahan ajar diujicobakan kepada siswa kelas XII IPA 1 dan XII IPA 2. Rata-rata pretest siswa kelas XII IPA 1 sebesar 39,33 dan rata –rata postest setelah menggunakan bahan ajar alkohol dan eter berbasis proyek dengan multimedia menjadi 81,5. Sedangkan untuk kelas XII IPA 2, rata-rata pretest siswa sebesar 38,33 dan rata-rata posttest sebesar 79,33. Kriteria Ketuntasan Minimum disekolah sebesar 75,00. Persentase ketuntasan siswa kelas XII IPA 1 adalah 83,3 % dan siswa kelas XII IPA 2 adalah 73,3%. Berdasarkan hasil uji hipotesis pada kelas eksperimen 1 diperoleh nilai thitung > ttabel (3,403 > 1,699) dan pada kelas eksperimen 2 (1,882 > 1,699). Maka Ho ditolak dan Haditerima, sehinga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kimia siswa yang diajarkan dengan menggunakan bahan ajar berbasis proyek dengan multimedia pada pengajaran alkohol dan eter lebih tinggi dari KKM.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 KIM 083 |
Keywords: | Project Based Learning; BSNP; bahan ajar; hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 10 Apr 2019 14:42 |
Last Modified: | 27 Feb 2020 07:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34804 |