MUDRAWAN, FINAL (2018) INOVASI BAHAN AJAR BERBASIS PROYEK DENGAN MULTIMEDIA PADA PENGAJARAN ASAM KARBOKSILAT DAN ESTER DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4143331010 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 4143331010 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (414kB) | Preview
3. NIM. 4143331010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
4. NIM. 4143331010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
5. NIM. 4143331010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
6. NIM. 4143331010 TABLES.pdf - Published Version
Download (452kB) | Preview
7. NIM. 4143331010 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (451kB) | Preview
8. NIM. 4143331010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (534kB) | Preview
9. NIM. 4143331010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
13. NIM. 4143331010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
14. NIM. 4143331010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Atas Negeri 14 Medan
bertujuan bertujuan untuk mengetahui : (1) bahan ajar telah memenuhi standar
BSNP, (2) hasil belajar siswa menggunakan bahan ajar berbasis proyek dengan
multimedia terhadap KKM dan (3) persentase efektivitas penggunaan bahan ajar
yang telah dikembangkan terhadap ketuntasan hasil belajar siswa. Penilaian bahan
ajar dilakukan oleh dosen dan guru kimia sesuai dengan angket Badan Standar
Nasional Pendidikan yang meliputi kelayakan isi, bahasa, penyajian, dan
kegrafikan. Rata-rata penilaian dosen dosen dan guru terhadap bahan ajar adalah
3,68 yang berarti bahan ajar telah valid dan tidak perlu revisi. Bahan ajar tersebut
diujicobakan kepada siswa kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2
(pengulangan). Nilai rata-rata pretest siswa kelas eksperimen 1 sebesar 39,17 dan
setelah pengajaran menggunakan bahan ajar berbasis proyek nilai rata-rata postest
siswa sebesar 82,33 sementara nilai rata-rata pretest siswa kelas eksperimen 2
sebesar 38,17 dan setelah pengajaran menggunakan bahan ajar berbasis proyek
nilai rata-rata postest siswa sebesar 80,50. Kriteria Ketuntasan Minimum di
sekolah tersebut adalah 75. persentase ketuntasan siswa dengan bahan ajar kelas
eksperimen 1 adalah 86% dan kelas eksperimen 1 adalah 80%. Dari pengujian
yang dilakukan diperoleh bahwa kedua kelompok sampel terdistribusi Normal.
Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji T-Test yaitu uji t satu pihak.
Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai thiung > ttabel (4,581>1,699), untuk
kelas eksperimen 1 sedangkan kelas eksperimen 2 diperoleh thitung > ttabel
(3,179 > 1,699). Maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan
bahwa hasil belajar kimia siswa yang diajarkan dengan menggunakan bahan ajar
berbasis proyek dengan multimedia pada pengajaran Asam karboksilat dan Ester
lebih tinggi dari KKM.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 KIM 089 |
Keywords: | BAHAN AJAR, BSNP, PROJECT BASED LEARNING, MULTIMEDIA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 10 Apr 2019 14:25 |
Last Modified: | 27 Feb 2020 04:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34784 |