MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE DI KELAS V SD NEGERI 107400 BANDAR KHALIPAH T.A 2017/2018

RITONGA, RAMA DONA (2018) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE DI KELAS V SD NEGERI 107400 BANDAR KHALIPAH T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1142111008_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1142111008_COVER.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1142111008_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1142111008_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1142111008_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1142111008_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1142111008_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1142111008_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1142111008_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1142111008_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1142111008_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1142111008_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1142111008_DAFTAR DIAGRAM.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1142111008_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1142111008_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1142111008_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1142111008_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1142111008_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 1142111008_BAB I.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 1142111008_BAB I.pdf - Published Version

Download (374kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1142111008_BAB V.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1142111008_BAB V.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 1142111008_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 1142111008_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis karangan narasi siswa masih tergolong rendah. Hal tersebut diketahui dari hasil tulisan para siswa yang tidak mampu menuangkan ide, pikiran dan perasaan mereka ke dalam bentuk karangan narasi. Sehingga dilakukan penelitian dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SD Negeri 107400 Bandar Khalipah.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research), dengan subjek penelitian Siswa Kelas V SD Negeri 107400 Bandar Khalipah Tahun ajaran 2017/2018. Berjumlah 25 siswa, dengan rincian 11 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Objek dari penelitian ini adalah keterampilan menulis karangan narasi siswa dengan menggunakan model pembelajaran Example Non Example. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran. Dengan 4 (empat) tahapan pada masing-masing siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapun alat pengumpulan datanya adalah tes, dan lembar observasi
Hasil analisis data dari 25 siswa diperoleh keterampilan menulis karangan narasi siswa sebelum diberi tindakan dengan hasil untuk kategori sangat kurang terampil 1 siswa (4,00%), kategori kurang terampil 13 siswa (52,00%), kategori cukup terampil 6 siswa (24,00%), kategori terampil 4 siswa (16,00%), dan kategori sangat terampil 1 siswa (4,00%), dengan nilai rata-rata klaksikal sebesar 55,86 dan persentase ketuntasan secara klasikal 20%. Dari hasil yang diperoleh di atas ditindaklanjuti ke siklus I dengan menggunakan model Example Non Example dan diperoleh hasil keterampilan menulis karangan narasi untuk kategori kurang terampil 4 siswa (16,00%), kategori cukup terampil 6 siswa (24,00%), kategori terampil 10 siswa (40,00%), dan kategori sangat terampil 5 siswa (20,00%), dengan nilai rata-rata klaksikal sebesar 72,22 dan persentase ketuntasan secara klasikal sebesar 60,00%. Perolehan siklus I secara signifikan meningkat dan ditindaklanjuti pada siklus II dengan perolehan nilai untuk kategori kurang terampil 1 siswa (4,00%), kategori cukup terampi1 siswa (4,00%), kategori terampil 8 siswa (32,00%), dan kategori sangat terampil 15 siswa (60,00%), dengan nilai rata-rata klaksikal sebesar 80,56 dan persentase ketuntasan secara klasikal sebesar 92,00%.
Berdasarkan hasil analisis di atas dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Example Non Example dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa di kelasV SD Negeri 107400 Bandar Khalipah T.A 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 PGSD 425
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 10 Apr 2019 14:02
Last Modified: 27 Feb 2020 02:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34772

Actions (login required)

View Item
View Item