HAYATI, EKA NONI (2018) INOVASI BAHAN AJAR BERBASIS PROYEK DENGAN MULTIMEDIA PADA PENGAJARAN ALDEHID DAN KETON DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4143331008 COVER.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2. NIM. 4143331008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. NIM. 4143331008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
5. NIM. 4143331008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. NIM. 4143331008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 4143331008 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 4143331008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
13. NIM. 4143331008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
14. NIM 4143331008 BIBLYOGRAFHY.pdf - Published Version
Download (507kB) | Preview
Abstract
Inovasi bahan ajar berbasis proyek dengan multimedia pada pengajaran Aldehid dan Keton ini bertujuan untuk mengetahui : (1) bahan ajar telah memenuhi standar BSNP, (2) hasil belajar siswa menggunakan bahan ajar berbasis proyek dengan multimedia terhadap KKM dan (3) persentase efektivitas penggunaan bahan ajar yang telah dikembangkan terhadap ketuntasan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 14 Medan. Hasil penilaian validasi dosen dan guru terhadap bahan ajar yang dikembangkan memenuhi standar BSNP dengan kriteria valid dan tidak perlu direvisi, dengan rata-rata keseluruhan 3,77. Bahan ajar diujicobakan kepada siswa kelas XII IPA 3 dan XII IPA 4. Rata-rata pretest siswa kelas XII IPA 3 sebesar 40,67 dan rata –rata nilai postest setelah menggunakan bahan ajar aldehid dan keton berbasis proyek dengan multimedia menjadi 81,5. Sedangkan pada kelas XII IPA 4, rata-rata pretest siswa sebesar 41,50 dan rata-rata posttest sebesar 81,83. Kriteria Ketuntasan Minimum disekolah sebesar 75,00. Persentase ketuntasan siswa kelas XII IPA 3 adalah 83,00 % dan siswa kelas XII IPA 4 adalah 90,00%. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa kedua kelompok sampel terdistribusi Normal. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji T-Test yaitu uji t satu pihak. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai thitung > ttabel ( 4,08 > 1,699), untuk kelas eksperimen 1 sedangkan thitung kelas eksperimen 2 yaitu thitung > ttabel ( 5,34 > 1,699). Maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kimia siswa yang diajarkan dengan menggunakan bahan ajar berbasis proyek dengan multimedia pada pengajaran Aldehid dan Keton lebih tinggi dari harga KKM.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 KIM 103 |
Keywords: | BAHAN AJAR; BSNP; HASIL BELAJAR; PROJECT BASED LEARNING |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 10 Apr 2019 11:27 |
Last Modified: | 31 Dec 2019 02:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34712 |