FEBRINA, ERWITA AYU (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERAWAN TANGAN DAN MEWARNAI KUKU PADA SISWA SMK PEMBANGUNAN DAERAH LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 11314012 COVER.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
2. NIM. 11314012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (420kB) | Preview
3. NIM. 11314012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM. 11314012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
5. NIM. 11314012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM. 11314012 TABLE.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 11314012 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
8. NIM. 11314012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
12. NIM. 11314012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
13. NIM. 11314012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
Abstract
Tujuan Penelitian ini: Untuk mengetahui hasil belajar perawatan tangan dan mewarnai kuku sesudah menggunakan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining pada Siswa SMK Pembangunan Daerah Lubuk Pakam. Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2016. Lokasi di SMK
Pembangudan Daerah Lubuk Pakam. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tes hasil belajar, lembar observasi aktifitas siswa. Tes dalam bentuk pilihan berganda berjumlah 50 soal dan 40 soal yang valid dan digunakan secara Pretes. Adapun lembar
observasi bertujuan untuk melihat aktivitas siswa dalam penelitian ini. Hasil belajar siswa diperoleh dari tes yang dilakukan tiap akhir siklus. Sedangkan aktifitas siswa diperoleh dengan melalui pengamatan yang dilakukan
observer. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada pretes adalah 41,11 dimana tidak ada siswa yang tuntas secara individu dan secara klasikal. Rata- rata hasil
belajar pada siklus I sebesar 61,60 serta ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 16,7%, siklus I belum berhasil dan perlu perbaikan pada siklus II, Ratarata
hasil belajar pada siklus II sebesar 78,47 dengan ketuntasan klasikal 86.1 %. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa peerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan hasil belajar perawatan tangan dan mewarnai kuku pada siswa SMK Pembangunan Daerah Lubuk Pakam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 RIAS 015 |
Keywords: | Penerapan model, hasil belajar, perawatan tangan dan mewarnai kuku |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 11:47 |
Last Modified: | 15 May 2019 09:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34458 |