SITEPU, LEONARDO LAURENSIUS (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ICARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DA ENERGI DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 13 MEDAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133121030 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. NIM 4133121030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
3. NIM 41331210303 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
4. NIM 4133121030 PREFACE.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
5. NIM 4133121030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
6. NIM 4133121030 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. NIM 4133121030 TABELS.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
8. NIM 4133121030 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
9. NIM 4133121030 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (585kB) | Preview
13. NIM 4133121030 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
14. NIM 4133121030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
Abstract
Telah dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui : 1.) aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran ICARE, 2.) hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran ICARE dan konvensional, 3.)mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar akibat pengaruh model pembelajaran ICARE dan konvensional. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIA yang terdiri dari 10 kelas.Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik class random sampling, dimana satu kelas sebagai kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran ICARE (X MIA 4) dan kelas yang lain sebagai kelas kontrol (X MIA 7) diterapkanmodel pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil pengolahan data pretes diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 39,69 dan nilai rata-rata kelas kontrol 39,61. Dari hasil uji kesamaan rata-rata pretes kedua kelas pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung = 0,15, ttabel = 1,99, maka dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan nilai pretes kedua kelas, artinya kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Selanjutnya dilakukan pembelajaran dengan model pembelajaran ICAREpada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Setelah pembelajaran diberikan kemudian pada kedua kelas dilakukan postes. Untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 68,75 dan untuk kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 63,59. Dari hasil pengujian kesamaan rata-rata postes dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh = 2,07 dan = 1,67. Karena > maka hipotesis (Ha) diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa akibat pengaruh model pembelajaran ICARE terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok usahdanenergidikelas X SMA Negeri 13 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 142 |
Keywords: | QUASI EXPERIMENT; PEMBELAJARAN ICARE; HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 11:38 |
Last Modified: | 25 Feb 2020 02:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34446 |