ANGGIA, ESTHER JULI (2018) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) BERBANTUAN LKS BERBASIS MULTIREPRESENTASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI POKOK FLUIDA STATIS KELAS X SEMESTER II SMA FREE METHODIST 1 MEDAN T.P. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
03. Riwayat Hidup.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
04. Abstrak.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
05. Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
06. Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
07. Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
08. Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
09. Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
10. BAB I.pdf - Published Version
Download (674kB) | Preview
14. BAB V.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) berbantuan LKS berbasis Multirepresentasi terhadap hasil belajar pada materi pokok Fluida Statis kelas X semester II SMA Free Methodist 1 Medan T.P 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas kelas X SMA Free Methodist 1 Medan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 4 kelas secara acak yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 orang dan kelas X-3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk essai dengan jumlah 10 soal dan telah dilakukan uji persyaratan tes. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 33,09 dan nilai rata-rata kelas kontrol 31,18. Hasil uji beda diperoleh data yaitu thitung<ttabel, ini berarti dapat disimpulkan bahwa kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Selanjutnya rata-rata nilai postes kelas eksperimen 76,21 dengan dan kelas kontrol 65,50. Uji normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa kedua kelas berdistribusi normal dan homogen, kemudian uji hipotesis memberikan bahwa thitung>ttabel, berarti Ha diterima, yang menyatakan ada perbedaan yang signifikan. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh strategi pembelajaran POE berbantuan LKS berbasis Multirepresentasi terhadap hasil belajar pada materi pokok Fluida Statis dan aktivitas belajar siswa dengan nilai rata-rata 67,76 yang tergolong cukup aktif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 143 |
Keywords: | Aktivitas, Hasil Belajar, Lks Berbasis Multirepresentasi, Dan Strategi Pembelajaran Poe |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 11:36 |
Last Modified: | 24 Feb 2020 08:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34440 |