PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) BERBANTUAN LKS BERBASIS MULTIREPRESENTASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI POKOK FLUIDA STATIS KELAS X SEMESTER II SMA FREE METHODIST 1 MEDAN T.P. 2017/2018

ANGGIA, ESTHER JULI (2018) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) BERBANTUAN LKS BERBASIS MULTIREPRESENTASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI POKOK FLUIDA STATIS KELAS X SEMESTER II SMA FREE METHODIST 1 MEDAN T.P. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. COVER.pdf]
Preview
Text
01. COVER.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of 03. Riwayat Hidup.pdf]
Preview
Text
03. Riwayat Hidup.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 04. Abstrak.pdf]
Preview
Text
04. Abstrak.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of 05. Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
05. Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[thumbnail of 06. Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
06. Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 07. Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
07. Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 08. Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
08. Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 09. Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
09. Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of 10. BAB I.pdf]
Preview
Text
10. BAB I.pdf - Published Version

Download (674kB) | Preview
[thumbnail of 14. BAB V.pdf]
Preview
Text
14. BAB V.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 15. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) berbantuan LKS berbasis Multirepresentasi terhadap hasil belajar pada materi pokok Fluida Statis kelas X semester II SMA Free Methodist 1 Medan T.P 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas kelas X SMA Free Methodist 1 Medan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 4 kelas secara acak yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 orang dan kelas X-3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk essai dengan jumlah 10 soal dan telah dilakukan uji persyaratan tes. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 33,09 dan nilai rata-rata kelas kontrol 31,18. Hasil uji beda diperoleh data yaitu thitung<ttabel, ini berarti dapat disimpulkan bahwa kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Selanjutnya rata-rata nilai postes kelas eksperimen 76,21 dengan dan kelas kontrol 65,50. Uji normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa kedua kelas berdistribusi normal dan homogen, kemudian uji hipotesis memberikan bahwa thitung>ttabel, berarti Ha diterima, yang menyatakan ada perbedaan yang signifikan. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh strategi pembelajaran POE berbantuan LKS berbasis Multirepresentasi terhadap hasil belajar pada materi pokok Fluida Statis dan aktivitas belajar siswa dengan nilai rata-rata 67,76 yang tergolong cukup aktif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 FIS 143
Keywords: Aktivitas, Hasil Belajar, Lks Berbasis Multirepresentasi, Dan Strategi Pembelajaran Poe
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 09 Apr 2019 11:36
Last Modified: 24 Feb 2020 08:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34440

Actions (login required)

View Item
View Item