SINAMBELA, TAMA MELATI (2018) INOVASI BAHAN AJAR BERBASIS PROYEK PADA PENGAJARAN TITRASI ASAM BASA UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.4143331026 COVER.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
2. NIM.4143331026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
3. NIM.4143331026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
4. NIM.4143331026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
5. NIM.4143331026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
6. NIM.4143331026 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
7. NIM.4143331026 TABLES.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
8. NIM.4143331026 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
9. NIM.4143331026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (384kB) | Preview
13. NIM.4143331026 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
14. NIM.4143331026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
Abstract
Penelitian yang digunakan adalah penelitian Reseacrh and Development (R&D) dimana produk penelitian ini adalah bahan ajar berbasis proyek untuk pengajaran Titrasi Asam Basa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan bahan ajar inovatif berbasis proyek pada pengajaran Titrasi Asam Basa, (2) Memperoleh bahan ajar inovatif berbasis proyek yang standar pada pengajaran Titrasi Asam Basa, (3) Mengetahui tanggapan mahasiswa setelah menggunakan bahan ajar inovatif berbasis proyek pada pengajaran Titrasi Asam Basa, (4) Mengetahui efektivitas bahan ajar inovatif berbasis proyek dalam meningkatkan kompetensi peserta didik. Penelitian dilakukan dengan menginovasi bahan ajar untuk pengajaran titrasi asam basa, bahan ajar distandarisasi oleh validator ahli dengan menggunakan angket kelayakan kemudian untuk memperoleh tingkat efektifitas, bahan ajar digunakan dalam pembelajaran di Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Negeri Medan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa (1) Strategi untuk menginovasi bahan ajar berbasis proyek pada pengajaran Titrasi Asam Basa adalah dengan mengintegrasikan tiga proyek berupa kegiatan laboratorium yang berguna untuk menguatkan pemahaman dan melatih kompetensi peserta didik pada pengajaran Titrasi Asam Basa, (2) Bahan ajar inovatif berbasis proyek yang distandarisasi oleh 3 dosen sebagai validator ahli yang dipilih secara purposive sampling, menggunakan angket validasi yang di dalamnya terdapat 4 aspek yaitu: a) aspek kelayakan isi dengan rata-rata penilaian sebesar 3.33, b) aspek kelayakan bahasa dengan rata-rata penilaian sebesar 3.33, c) aspek kelayakan penyajian dan pendukung dengan rata-rata penilaian sebesar 3.33, dan d) aspek kelayakan kegrafikan dengan rata-rata penilaian sebesar 3.33. Dimana kriteria validitas rata-rata terletak pada interval 3.26 – 4.00 yang berarti proyek dalam bahan ajar valid dan tidak perlu direvisi lagi, (3) Tanggapan mahasiswa terhadap pengerjaan proyek dalam bahan ajar pada pengajaran Titrasi Asam Basa diperoleh rata-rata hasil sebesar 80,56% - 90,27% yang menunjukkan bahwa mahasiswa merasa puas, (4) Berdasarkan pengerjaan proyek dalam bahan ajar pada materi titrasi asam basa diketahui bahwa hasil persentase psikomotorik mahasiswa dalam pengerjaan proyek berkisar 88,89 - 96,3% yang berarti bahan ajar inovatif berbasis proyek efektif dalam meningkatkan kompetensi peserta didik. Berdasarkan penelitian diperoleh bahwa bahan ajar inovatif hasil inovasi efektif digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 KIM 136 |
Keywords: | HASIL BELAJAR; INOVASI; PROYEK; TITRASI ASAM BASA; RESEARCH AND DEVELOPMENT; BAHAN AJAR |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 11:19 |
Last Modified: | 24 Feb 2020 07:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34416 |