GULTOM, LIDWINA (2018) INOVASI BAHAN AJAR BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PENGAJARAN TITRASI ASAM BASA DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4143131020 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. NIM. 4143131020 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version
Download (517kB) | Preview
3. NIM. 4143131020 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4. NIM. 4143131020 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
5. NIM. 4143131020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
6. NIM. 4143131020 TABLES.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
7. NIM. 4143131020 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
8. NIM. 4143131020 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
9. NIM. 4143131020 CHAPTER 1. pdf.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
13. NIM. 4143131020 CHAPTER 5. pdf.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
14. NIM, 4143131020 BIBLIOGRAPHY. pdf.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SMA Sultan Iskandar Muda Medan, yang bertujuan (1) Untuk memperoleh bahan ajar inovatif berbasis kontekstual untuk pengajaran titrasi asam basa, (2) Untuk mendapatkan komponen inovasi yang dapat diintegrasikan pada pengajaran titrasi asan basa, (3) Untuk memperoleh bahan ajar inovatif berbasis kontekstual yang standar pada pengajaran titrasi asam basa sesuai dengan kriteria Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), (4) Untuk mengetahui pengaruh bahan ajar inovatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan (5) Untuk mengetahui efektivitas bahan ajar inovatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan dengan mengembangkan bahan ajar untuk pengajaran titrasi asam basa, bahan ajar distandarisasi oleh validator ahli dengan menggunakan angket BSNP kemudian untuk memperoleh tingkat efektifitas, bahan ajar digunakan dalam pembelajaran di sekolah tempat penelitian. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa (1) Bahan ajar kimia inovatif berbasis kontekstual telah sesuai dengan standar penilaian Bahan ajar ini sesuai Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dengan rata – rata nilai untuk kelayakan isi, penyajian dan bahasa dengan nilai 3,76 (2) pengaruh bahan ajar dalam pembelajaran dapat diketahui melalui uji t-testt dimana diperoleh data thitung 5,00 > ttabel 2,01 maka diperoleh bahwa hasil belajar kimia siswa yang menggunakan bahan ajar kimia inovatif berbasis kontekstual pada pengajaran titrasi asam basa lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar kimia siswa yang tidak menggunakan bahan ajar kimia inovatif sedangkan untuk (4) Efektivitas bahan ajar diperoleh sebesar 68,2% dalam penggunaan bahan ajar hasil inovasi di kelas eksperimen dibandingkan penggunaan bahan ajar biasa di kelas kontrol sebesar 58,2%. Berdasarkan penelitian diperoleh bahwa bahan ajar inovatif hasil inovasi dan pengembangan efektif digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 KIM 139 |
Keywords: | pengembangan bahan ajar, inovasi, kontekstual, hasil belajar, titrasi asam basa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 11:08 |
Last Modified: | 24 Feb 2020 06:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34395 |