Situmorang, Yohana Rotua (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE WORD SQUARE BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DAN SIKAP SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI SMA N 9 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4141141082 COVER.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2. NIM. 4141141082 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
3. NIM. 4141141082 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
4. NIM. 4141141082 PRFEFACE.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
5. NIM. 4141141082 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
6. NIM. 4141141082 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM. 4141141082 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 4141141082 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
9. NIM. 4141141082 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
13. NIM. 4141141082 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
14. NIM. 4141141082 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui hasil belajar siswa serta pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe word square berbantuan media video terhadap kemampuan kognitif, dan afektif siswa pada materi ekosistem di kelas X MIPA SMA Negeri 9 Medan tahun pembelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Quasi experiment (eksperimen semu). Sampel penelitian ini diambil secara acak (random sampling) yang berjumlah 70 orang yang terdiri dari 2 kelas. Dimana kelas X MIPA 2 diajarkan dengan menggunakan word square berbantuan media video (kelas eksperimen), dan kelas X MIPA 1 diajarkan hanya dengan word square saja (kelas kontrol). Instrumen yang digunakan berjumlah 20 soal pilihan ganda. Hasil dari penelitian menunjukkan nilai rata-rata postest (kognitif) siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaranword square berbantuan media video adalah 84,85 dengan SD = 7,53. Sedangkan nilai rata-rata postest (kognitif) kelas kontrol adalah 79,72 dengan SD = 8,28. Hasil penelitian juga menunjukkan persentase nilai sikap (afektif) kelas eksperimen mendapatkan hasil sebesar 76,5% yang mana tergolong dalam kriteria Baik. Sedangkan untuk kelas kontrol pesentase nilai sikap adalah 72,2% yang mana tergolong dalam kriteria Baik. Analisis pengujian hipotesis hasil belajar menggunakan uji t dan taraf kepercayaannya adalah α = 0,05 menunjukkan thitung> ttabel (2,773> 1,983), yang artinya dalam penelitian ini Ho ditolak sedangkan Ha diterima. Dengan demikian menunjukkan bahwa ada pengaruh hasil belajar kognitif maupun sikap siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe word square pada Materi Ekosistem di Kela X MIPA SMA Negeri 9 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 185 |
Keywords: | Hasil Belajar; Kognitif; Afektif; Model Pembelajaran; Word Square |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 11:04 |
Last Modified: | 24 Feb 2020 06:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34385 |