TAUFIK, ELFI SYAFRIDA (2018) ANALISIS KESULITAN BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI SISTEM SARAF DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 2 RANTAU SELATAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4141141019 COVER (1).pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
2. NIM. 4141141019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
3. NIM. 4141141019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
4. NIM. 4141141019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
5. NIM. 4141141019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
6. NIM. 4141141019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 4141141019 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 4141141019 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 4141141019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
13. NIM. 4141141019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14. NIM. 4141141019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa dari aspek kognitif dan aspek indikator pembelajaran siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Rantau Selatan Tahun Pembelajaran 2017/2018 materi sistem saraf. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Rantau Selatan Tahun Pembelajaran 2017/2018 jumlah keseluruhan populasi yaitu siswa 185 siswa. Sampel pada penelitian yaitu ditentukan secara purposive sampling atau sampel bertujuan. Sampel yang diambil yaitu tiga kelas XI IPA sehingga sampel keseluruhan yaitu 95 siswa. Instrumen pengumpulan data penelitian berupa tes. Hasil penelitian menunjukkan siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Rantau Selatan Tahun Pembelajaran 2017/2018 mengalami kesulitan belajar dalam materi sistem saraf pada aspek kognitif tingkat pengetahuan (C1) sebesar 45,36% termasuk kategori tinggi, tingkat pemahaman (C2) sebesar 38,60% termasuk kategori tinggi, tingkat penerapan (C3) sebesar 47,20% termasuk kategori sangat tinggi, tingkat analisis (C4) sebesar 60,71% termasuk kategori sangat tinggi, tingkat sintesis (C5) sebesar 51,58% termasuk kategori sangat tinggi, dan tingkat kreasi (C6) sebesar 45,79% termasuk kategori tinggi. Pada aspek indikator pembelajaran ke-1 siswa mengalami kesulitan belajar dengan persentase 38,28% termasuk kategori tinggi, Pada aspek indikator pembelajaran ke-2 dengan persentase 49,13% termasuk kategori sangat tinggi, Pada aspek indikator pembelajaran ke-3 dengan persentase 48,53% termasuk kategori sangat tinggi, dan Pada aspek indikator pembelajaran ke-4 dengan persentase 57,20% termasuk kategori sangat tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 187 |
Keywords: | Kesulitan Belajar, Aspek kognitif, Indikator Pembelajaran, Sistem Saraf |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 10:30 |
Last Modified: | 21 Feb 2020 07:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34316 |