HALAWA, SARO FERYANTO (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DASAR-DASAR MENGGAMBAR TEKNIK PADA KELAS X SMK NEGERI 5 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5132111011 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 5132111011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
3. NIM. 5132111011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
4. NIM. 5132111011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
5. NIM. 5132111011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. NIM. 5132111011 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 5132111011 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 5132111011 APENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 5132111011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
13. NIM. 5132111011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
14. NIM. 5132111011 BLIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapioleh guru bidang studi dasar-dasar gambar teknik yaitu kurang aktif siswa dalam belajar dibuktikan dengan melakukan pengamatan sewaktu observasi serta hasil belajar siswa yang masih perlu ditingkatkan lagi.Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar-dasar gambar teknik melalui penerapan model pembelajaran problem based learning pada siswa kelas X SMK Negeri 5 Medan semester ganji ltahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 34 orang.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes hasil belajar dan lembar pengamatan. Sebelum tes hasil belajar diberikan terlebih dahulu tes hasil belajar diuji coba, validitas tes, reliabilitas tes, tingkat kesukaran tes, dan daya pembeda tes. Prosedur penelitian dilakukan dalam dua siklus pembelajaran dimana setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan ,pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar siswa pada akhir siklus I dengan nilai rata-rata yaitu 49,61 dan meningkat menjadi 79,91 dengan nilai Sangat Aktif 100%. Untuk rata-rata nilai hasil belajar pada siklus I yaitu 75,25 dengan presentase kelulusan 70,59% meningkat menjadi 84,47dengan presentase kelulusan 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dasar-dasar menggambar teknik siswa kelas X SMK Negeri 5 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BAN 035 |
Keywords: | PROBLEM BASED LEARNING, AKTIVITAS, HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 10:16 |
Last Modified: | 21 Feb 2020 02:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34287 |