ELISABETH, AGNES THERESIA (2018) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.4132111030 COVER_docx.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM 4132111030 Lembar Pengesahan_docx.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
3. NIM 4132111030 Abstrak_docx.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
4. NIM 4132111030 Kata Pengantar_docx.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
5. NIM 4132111030 Daftar Isi_docx.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
6. NIM 4132111030 Daftar Gambar_docx.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
7. NIM 4132111030 Daftar Tabel_docx.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM 4132111030 Daftar Lampiran_docx.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
9. NIM 4132111030 BAB I_docx.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM 4132111030 BAB V_docx.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
14. NIM 4132111030 Daftar Pustaka_docx.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMP Swasta GKPS 1 Pematang Raya T.A. 2017/2018 yang berjumlah 28 orang. Yang menjadi objek penelitian ini adalah penerapan pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematika siswa. Sebelum tindakan dilakukan terlebih dahulu diberikan tes awal untuk mengetahui kemampuan awal koneksi matematika siswa. Dari hasil tes awal menunjukkan bahwa siswa kelas VIII-1 kemampuan koneksi matematikanya masih rendah terlihat dari aspek koneksi antar topik matematika pada tes awal dari 28 siswa hanya terdapat 1 atau (3,57%) siswa yang melewati kriteria minimal kemampuan koneksi matematika, pada aspek mengkoneksikan matematika dengan bidang studi lain tidak terdapat siswa (0%) siswa yang melewati kriteria minimal kemampuan koneksi matematika,dan pada aspek mengkoneksikan matematika dengan dunia nyata hanya 5 atau (17,86%) siswa yang melewati kriteria minimal kemampuan koneksi matematika dengan persentase siswa yang melewati kriteria minimal kemampuan koneksi matematika pada tes awal sebesar 0%,. Setelah dilakukan tes kemampuan koneksi matematika I (siklus I) persentase siswa yang melewati kriteria minimal kemampuan koneksi matematika naik menjadi 42,86% dan pada tes kemampuan koneksi matematika II(siklus II) persentase siswa yang melewati kriteria minimal kemampuan koneksi matematika menjadi 82,14%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa penerapan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematika siswa kelas VIII-1 SMP Swasta GKPS 1 Pematang Raya. Saran yang diajukan yaitu; 1) Berdasarkan hasil penerapan pembelajaran berbasis masalah di kelas, terjadi peningkatan kemampuan koneksi matematika siswa oleh sebab itu disarankan pada guru agar menerapkan dan mengembangkan perangkat pembelajaran dan lembar aktivitas siswa berbasis masalah pada topik lain atau bidang studi lain yang relevan. 2) Penerapan pembelajaran berbasis masalah di kelas diperlukan waktu yang lebih banyak daripada alokasi waktu yang telah ditetapkan sehinggga disarankan agar guru lebih bijaksana dalam mengelola waktu dan menyediakan asesmen otentik yang diharapkan diselesaikan siswa di rumah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 148 |
Keywords: | Pembelajaran Berbasis Masalah; Kemampuan Koneksi Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 10:10 |
Last Modified: | 21 Feb 2020 02:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34275 |