TANJUNG, PUTRA PERDANA (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KUMON UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS VIII SMP ISLAM ULUN NUHA MEDAN T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4142111022 COVER.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
2. 4142111022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
3. 4142111022 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (387kB) | Preview
4. 4142111022 PREFACE.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
5. 4142111022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (367kB) | Preview
6. 41421110222 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
7. 4142111022 TABLES.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
8. 4142111022 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
9. 414211022 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (644kB) | Preview
13. 4142111022 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
14. 4142111022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa setelah penerapan model pembelajaran Kumon pada materi Operasi Hitung Aljabar di Kelas VIII SMP Islam Ulun Nuha Medan. Jenis penelitian ini
adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 20 siswa. Objek penelitian ini adalah upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran Kumon pada materi Operasi Hitung Aljabar di kelas VIII SMP Islam Ulun Nuha Medan. Berdasarkan hasil analisis data setelah pemberian tindakan diperoleh data hasil belajar dengan
menggunakan pembelajaran Kumon pada siklus I dari 20 siswa terdapat 12 siswa (60%) yang mencapai ketuntasan belajar. Pada siklus II dari 20 siswa terdapat 17 siswa (85%) yang mencapai ketuntasan belajar. Dengan demikian terdapat dikatakan kelas tersebut telah tuntas belajar, karena terdapat 70% siswa yang memiliki tingkat ketuntasan klasikal. Berdasarkan hasil observasi pada setiap pertemuan diperoleh rata – rata kegiatan pembelajaran pada siklus I 2,6 dengan kategori baik pada siklus II 3,0 dengan kategori sangat baik, dan rata – rata aktivitas siswa pada siklus I 2,1 dengan kategori baik dan pada siklus II 2,7 dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Pembelajaran Kumon dapat meningkatkan hasil belajar siswa khusunya pada pokok bahasan Operasi Hitung Aljabar di kelas VIII SMP Islam Ulun Nuha Medan dimana peningkatan diperoleh setelah siklus II dilaksanakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 MAT 046 |
Keywords: | Kumon, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 09:11 |
Last Modified: | 06 May 2019 07:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34239 |