PENGARUH GAYA BELAJAR DAN DISIPLIN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR KORESPONDENSI SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 TANJUNG PURA T.A 2018/2019

Harahap, Elsa Sabrina (2019) PENGARUH GAYA BELAJAR DAN DISIPLIN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR KORESPONDENSI SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 TANJUNG PURA T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 7143341024 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 7143341024 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 7143341024 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 7143341024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (497kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 7143341024 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM 7143341024 PREFACE.pdf - Published Version

Download (391kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 7143341024 ABSTRACT.pdf] Text
4. NIM 7143341024 ABSTRACT.pdf

Download (269kB)
[thumbnail of 5. NIM 7143341024 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 7143341024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 7143341024 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 7143341024 TABLES.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 7143341024  ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 7143341024 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 7143341024 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 7143341024 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 7143341024 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM 7143341024 CHAPTER I.pdf

Download (528kB)
[thumbnail of 10. NIM 7143341024 CHAPTER II.pdf] Text
10. NIM 7143341024 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 11. NIM 7143341024 CHAPTER III.pdf] Text
11. NIM 7143341024 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (908kB)
[thumbnail of 12. NIM 7143341024 CHAPTER IV.pdf] Text
12. NIM 7143341024 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 13. NIM 7143341024 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM 7143341024 CHAPTER V.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of 14. NIM 7143341024 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM 7143341024 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (286kB)
[thumbnail of 15. NIM 7143341024 ENCLOSURE.pdf] Text
15. NIM 7143341024 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar korespondensi. 2) pengaruh disiplin siswa terhadap prestasi belajar korespondensi. 3) pengaruh gaya belajar dan disiplin siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar korespondensi siswa kelas X AP SMK Negeri 1 Tanjung Pura T.A 2018/2019. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Tanjung Pura dengan populasi sebanyak 102 siswa dan sampel sebanyak 50 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur gaya belajar dan disiplin siswa berupa angket dan untuk mengukur prestasi belajar korespondensi siswa digunakan Daftar Kumpulan Nilai korespondensi siswa kelas X AP SMK Negeri 1 Tanjung Pura T.A 2018/2019. Teknik analisis data adalah dengan menggunakan regresi linear berganda dan untuk menguji hipotesisnya dengan menggunakan uji-t dan uji-f dengan menggunakan bantuan program SPSS 25.0. Variabel dalam penelitian ini adalah: 1) gaya belajar. Gaya belajar merupakan cara peserta didik bereaksi dan menggunakan perangsang–perangsang yang diterimanya dalam proses belajar. 2) disiplin siswa suatu tata tertib yang dapat mengatur tatanan kehidupan pribadi atau kelompok. 3) prestasi belajar pada mata pelajaran korespondensi adalah hasil yang telah dicapai oleh peserta didik setelah mempelajari mata pelajaran korespondensi berupa proses belajar yang dapat diukur dengan tes dimana hasilnya dalam bentuk angka atau simbol yang dapat dilihat dari DKN. Hasil analisis data diperoleh persamaan regresi berganda yaitu Y = 36,739 + 0,217 X1 + 0,337 X2 + e. Hasil uji-t diperoleh thitung= 4,646 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05 untuk hipotesis 1 dan untuk hipotesis 2 diperoleh thitung = 5,008 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05. Sedangkan pengujian hipotesis secara simultan diperoleh Fhitung = 45,849 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : 1) ada pengaruh positif dan signifikan antara gaya belajar terhadap prestasi belajar korespondensi. 2) ada pengaruh positif dan signifikan antara disiplin siswa terhadap prestasi belajar korespondensi. 3) ada pengaruh positif dan signifikan antara gaya belajar dan disiplin siswa terhadap prestasi belajar korespondensi siswa X AP SMK Negeri 1 Tanjung Pura TA 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 ADP 018
Keywords: Gaya Belajar, Disiplin Siswa, Prestasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 08 Apr 2019 15:59
Last Modified: 17 Nov 2025 03:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34228

Actions (login required)

View Item
View Item