DAMANIK, MONALISA GRACE (2019) SANGGAR LINGKARAN SEBAGAI PEMBENTUK NILAI BUDAYA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DI DESA DENAI LAMA DUSUN II KABUPATEN DELI SERDANG. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3143322020 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4. NIM. 3143322020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
3. NIM. 3143322020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
5ERCB5~Q.PDF - Published Version
Download (66kB) | Preview
6. NIM. 3143322020 TABLE.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7UMMFK~6.PDF - Published Version
Download (112kB) | Preview
84UVBV~N.PDF - Published Version
Download (506kB) | Preview
1MDSCL~H.PDF - Published Version
Download (224kB) | Preview
1C0Z7S~H.PDF - Published Version
Download (65kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai latar belakang terbentuknya Sanggar Lingkaran, usaha Sanggar Lingkaran dalam membentuk karakter peserta didiknya, dan perubahan yang dihasilkan Sanggar Lingkaran dengan mengajarkan anak didiknya untuk mempertahankan budaya menjadi sebuah karakter di Pantai Labu Kecamatan Deli Serdang. Proses penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan secara observasi partisipasi dengan turut mengamati aktivitas nyata dari proses belajar mengajar disanggar, wawancara mendalam terhadap relawan, anak didik, orangtua dan pemilik sanggar. Hasil dari penelitian diketahui bahwa Sanggar Lingkaran mengajarkan pendidikan berbasis dari nilai budaya agar anak-anak tidak malu dan melupakan kebudayaan seiring dengan kemajuan zaman. Usaha yang dilalukan sanggar lingkaran dengan mengajarkan pendidikan karakter yang terintegrasi dalam kegiatan belajar mengajarnya seperti melakukan pembelajaran dengan metode kerja kelompok, presentasi, observasi, camp leadership, pelatihan kerajinan tangan, parenting education dan pemberian bintang prestasi yang didapat dari penilaian sikap anak yang berani, bersifat kekeluargaan, menjaga kebersihan, memiliki sikap disiplin dan sportif, kreatif serta memiliki sikap best leader yang bertujuan untuk membentuk empat belas nilai karakter yang diinginkan Sanggar Lingkaran. Namun pada kenyataannya terdapat hambatan dari anak didik, orangtua, masyarakat dan sanggar itu sendiri. Kesimpulan dari penelitian ini adalah anak-anak didikan Sanggar Lingkaran mengalami perubahan-perubahan kehal yang lebih baik dengan menganut empat belas nilai karakter yang menjadi budaya di sanggar, mereka juga mendapatkan skill dibidang seni tari, teater dan kerajinan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 ANTRO 020 |
Keywords: | Pendidikan; Budaya; Pendidikan karakter; Nilai Karakter |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN301 Ethnology. Social and cultural anthropology G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN357 Culture and cultural processes H Social Sciences > HM Sociology > HM621 Culture L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Antropologi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 15:56 |
Last Modified: | 06 May 2019 05:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34225 |